GANGUAN RESEPTIF MAHASISWA DALAM MENJAWAB SOAL-SOAL LISTENING: SUATU KAJIAN NEUROPRAGMATIK

  • Mhd. Johan universitas putera batam
  • Gusdi Sastra universitas Andalas
  • Ike Revita universitas Andalas

Abstract

Penulisan tesis ini bertujuan untuk menemukan gangguan reseptif mahasiswa dalam menjawab soal-soal listening. Selanjutnya dijelaskan juga bentuk gangguan reseptif mahasiswa dan dideskripsikan perbedaan tuturan antara penutur dengan pendengar berdasarkan uji speech analyzer pada mahasiswa, serta dijelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan pemahaman antara penutur dan pendengar. Data penelitian ini adalah tuturan lisan dan tulisan mahasiswa yang mengalami gangguan reseptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, pada data gangguan reseptif ini digunakan teknik dasar: teknik sadap, teknik lanjutan yang terdiri dari teknik simak libat cakap (SLC), teknik rekam, teknik catat dan teknik rekam dengan speech analyzer. Untuk analisis data digunakan metode agih dilanjutkan dengan teknik dasar berupa teknik bagi unsur langsung yang dilanjutkan dengan teknik lesap, teknik ganti, dan teknik ulang. Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa bentuk gangguan reseptif, perbedaan tuturan antara penutur dengan pendengar bardasarkan uji speech analyzer, dan apa penyebab perbedaan pemahaman penutur dengan pendengar dalam mendengar teks lisan. Kemudian dalam memahami makrostruktur seperti gangguan dalam mencari tema pokok suatu cerita dengan persentase berat adalah 95,2% normal adalah 4,8%. Gangguan dalam meringkas 80% (berat) dan 20% (ringan), menangkap pesan implisit 16% (berat), 63% ringan dan 21% normal. Gangguan daya ingat 56,2 (berat), 43,8% normal. Kemudian penulis juga menemukan gangguan pragmatik seperti pragmatik reseptif, gangguan dalam memaknai pesan moral 21% (berat), 37% (ringan), 42% (normal), gangguan dalam penginterpratasian humor suatu cerita, dan gangguan koherensi.

References

Ahlsen, Elisabeth. 2006. Introduction to Neurolinguistics: Goteborg University
Arifudin. 2010. Neuro Psiko Linguistik: Rajawali Pers
Aristha, 2010. “Keterampilan Menyimak”. (jurnal): ( diakses pada 04 Desember 2013 pada jam 18: 53).
Azar, Betty S., 1989.Understanding and Using English Grammar. Prentice-Hall, New Jersey.
Bakker, Menno. 2001. WavePad Sound Editor Master Edition v.5.55: Distributed by NCH software Licensed Software. www.nch.au/wavepad: (diakses pada tanggal 27 Januari 2014).
Bambini, Valentina. 2008. Neuropragmatics: a foreword. (diakses pada tanggal 12 April 2014).
Bara, Bruno G., 2010. Cognitive Pragmatics, the Mental Process of Communication. Milan: Bollati Boringhieri.
Bonvillian, Nancy, 1977. Language, Culture and Communication: The Meaning of Messages. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.
Blumstein, Sheila E. 1994. Neurolinguistics: An Overview of Language Brain dalam Language: Psychological and Biological aspects, ed. F.J. Newmeyer, 210-36. Cambridge: Cambridge University Press.
Cambridge University Press. 2008. Cambridge Advanced Learner‟s Dictionary Version 3.0. Cambridge University Press by Armada.
Carstairs Andrew –McCarthy. 2002. An Introduction to English Morphology: words and their structure.EdinburghUniversity Press.
Chung-li, 2007. Enhancing Technology College Students‟ English Listening Comprehension by listening journals, Department of applied foreign languages, Nanya Institute of Technology Taiwan
Cunningham Sarah & Moor Peter. 2005. American Cutting Edge Level 2 : Publish Pearson Longman.
Cunningham Sarah & Moor Peter. 2005. American Cutting Edge Level 4 : Publish Pearson Longman.
Devianggraeni90‟s. 2010. Gangguan Bahasa Reseptif: Just Another Wordpress.com Weblog. (diakses pada tanggal 13 Maret 2014).
Dewi, Yoffie Kharisma. 2013. Disfungsi Bahasa Anak Retardasi Mental Ringan: Studi Kasus Pada Tuturan Yogi. (tesis): Padang : Pascasarjana Universitas Andalas.
Dharmaperwira-Prins, Reni. (2004). Gangguan-gangguan Komunikasi Hemisfer Kanan dan Pemeriksaan Komunikasi Hemisfer Kanan (PKHK). Jakarta: Djambatan.
Field, John. 2003. Psycholinguistics A Resource Book For Students: Simultaneously Published in the USA and Canada by Routledge.
Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research (jilid – 3). Yogyakarta: Andi.
Handoko. 2013. Kompensasi Kebahasaan Mahasiswa Sastra Inggris Unand: Suatu Tinjauan Fungsi Komunikasi Hemisfer Kanan: Pascasarjana Universitas Andalas.
Hendri, Muhammad. 2012. Makalah Bahasa Dalam Konteks sosial (Peristiwa Tutur dan Tindak Tutur).
Hidayat, Fahmi. 2012. Kemampuan Menyimak (Horen) Siswa Kelas XI keterampilan SMA Negeri 6 Malang. (jurnal): (diakses 4 Desember 2013).
Indonesiaku, Citra. 2012. Tindak Tutur Menurut Austin dan Searle: (Jurnal): (diakses pada 18 Juni 2013).
Indriani, Novi. 2014, Pengertian Fungsi Talamus, Edukasi Teknologi dan Informasi. www.sridianti.com/pengertian-fungsi-talamus.html. (diakses pada tanggal 12 Agustus 2014).
Ingram, J.C.L. 2007. Neurolinguistics: An Introduction to Spoken Language Processing and its Disorder. New York: Cambridge University Press.
Irawan. 2011. Kendala dalam berbicara dan menyimak. Irawan‟s Blog Powered by WordPress.com. (diakses tanggal 5Desember 2013).
Kridalaksana, Harimurti. 1993. KamusLinguistik. Jakarta: PT. Gramedia
Krohn, Robert, 1971.English Sentence Structure; An Intensive Course in English, John Wieley & Son, Michichan.
39
Mas‟ud, Fuad, 1992.Essentials of English Grammar, A Practical Guide. 2nd Edition, B.P.F.E.;Yogyakarta.
Nida, Eugene, 1949. Morphology,The Descriptive Analysis of Words. second edition, Ann Arbor: The University of Michigan Press.
Parera, J.D. 1991. Teori Semantik: Penerbit Erlangga. Jl. Kramat IV No. 11 Jakarta 10430 (Anggota IKAPI).
Putri, Gracia Hutami. 2010. Gangguan Komunikasi. (jurnal): (diakses pada 13 Maret 2014).
Ramadhan, A. Tarmizi. 2008. Kunci Keberhasilan Menyimak. (jurnal): (diakses pada 04 Desember 2013 pada jam 20:04).
Revita, Ike. 2010. Tindak Tutur Mahasiswa Kepada Dosen. Disajikan Dalam Seminar Internasional Multidisciplined, Maret 2010/ Pasca Sarjana Unand, MLI Padang.
Revita, Ike. 2012. Refleksi Nilai Budaya Dalam Pola Tutur Permintaan Generasi Muda Minangkabau: Tinjauan Interaksi Mahasiswa Dengan Dosen1
Sastra, Gusdi, 2011, Neurolinguistik Suatu Pengatar. Alfabeta Bandung.
Setyawan, Agung. 2012. Peningkatan Keterampilan Mendengarkan Melalui Model Pembelajaran MDL. (diakses pada tanggal 8 Oktober 2014).
Situmorang, Pasu Itin.2013. Psysholinguistics A resources Book for Students. Terjemahan dari karya John Field: (diakses pada tanggal 5 Desember 2013).
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa, Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis.Yogyakarta. Penerbit Duta Wacana University Press.
Tallerman, Maggie. 1998. Uderstanding Syntax. London: Arnold
Trask, R.L,. 1997. A student‟s Dictionary of Language and Linguistics: Oxford University Press Inc.
Valin jr., Robert D van. Dan La Polla. 1999 dan 2002. Syntax: Structure, meaning, dan fungtion. Cambridge: Cambridge University Press.
Published
2015-04-12
How to Cite
JOHAN, Mhd.; SASTRA, Gusdi; REVITA, Ike. GANGUAN RESEPTIF MAHASISWA DALAM MENJAWAB SOAL-SOAL LISTENING: SUATU KAJIAN NEUROPRAGMATIK. JURNAL BASIS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 33-39, apr. 2015. ISSN 2527-8835. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/550>. Date accessed: 21 sep. 2020.
Section
BASIS VOLUME 2 NO 1 APRIL 2015

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.