STUDENTS’ PERCEPTION ON LANGUAGE STYLE USED BY ENGLISH LECTURERS IN THE CLASSROOM

Authors

  • Ridianto Ridianto STKIP YAYASAN ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i1.457

Keywords:

Key words: Language. Language Style, Perception.

Abstract

Gaya bahasa merupakan variasi dari bahasa yang di gunakan penutur berdasarkan situasi. Ada lima tipe gaya bahasa yaitu frozen, formal, consultative, casual dan intimate. Di dalam dunia pembelajaran, khususnya di perguruan tinggi, gaya bahasa yang di gunakan oleh seorang dosen merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan mahasiswa. Namun faktor penentu keberhasilan seorang mahasiswa dalam belajar tidak hanya dapat dilihat dari gaya bahasa seorang dosen tetapi juga dari persepsi para mahasiswa. Karena hal ini lah penulis tertarik untuk menganalisa persepsi para mahasiswa terhadap gaya bahasa yang di gunakan oleh seorang dosen di dalam kelas di STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh. Penelitian ini adalah  penelitian descriptif dengan  menggunakan  metode qualitatif yang mana populasi nya adalah mahasiswa tahun keempat jurusan pendidikan bahasa Inggris STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh tahun ajaran 2015/2016. Partisipan dipilih dengan menggunakan purposive sampling, sedangkan instrument dalam penelitian ini adalah questionnaire. Hasil penelitian ini secara umum adalah mahasiswa mempunyai persepsi yang cukup bagus (832,4) terhadap gaya bahasa yang di gunakan dosen di dalam kelas dengan skor tertinggi di gaya konsultatif yaitu 1274 dan skor terendah di gaya intim yaitu 369.

 

 

References

REFERENCES
Broderick, John P. Anonymous. The five clocks of Martin joos: Why they keep on ticking. Old dominion Uneversity. ( published Thesis )
Chaer and Agustina.2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. PT. Rineka Cipta, Jakarta
Gay, L.R and Airasian, Peter.2000. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. United State of America: Mc Millan Publishing Company.
Gay, L.R et.al.2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. United State of America: Pearson Education.
Haryanto, Yan. 2001. Sociolinguistics. Jakarta: Universitas Terbuka.
Linguistik, K., Sastra, D., & Silitonga, F. (2017). THE TEENEGERS’ CHARACTERISTICS IN GENDER WRITTEN TEXT BY DISCOURSE ANALYSIS AT BATAM. Kajian Linguistik Dan Sastra/ KLS, 2(1), 61–75. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/kls.v2i1.5353
Mesthrie, Rajend et. al.2004. Introducing Sosiolinguistics. Edinburgh University Press.
Noe, Alva and Evan, Thompson. 2002. Vision and Mind: Selected Reading in the Philosophy of Perception. United States: The MIT Press.
Payne, Ph.D. Ruby K. 2012. A framework for Understanding Poverty. Aha! Process, Inc.
Richard, C. Jack and Schmidt Richard. 2002. Longman Dictionary of Language teaching and applied Linguistic. Fakenham, Norfolk: Fakenham Photosetting.
Romadlon, Farid Noor. Anonymous. Using Casual Style to Engage Students’ Speaking Motivation for English
Silitonga, f. (2018). THE VOCABULARY UNDERSTANDING OF READING TEXT IN HOSANNAH BATAM SCHOOL. BASIS (BAHASA DAN SASTRA INGGRIS), 2(2), 111-116. Retrieved from http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/310
Young Learners. Teylin 2: From policy to classroom.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Wardhaugh, Ronald and Fuller Janet M.2015. An Introduction to Sosiolinguistics.Willey Blackwell

Downloads

Published

2018-04-20

Issue

Section

BASIS VOLUME 5 NO 1 APRIL 2018