INDEKS KEPUASAN PUBLIK TERHADAP KEGAGALAN MUTU KINERJA PELAYANAN BPM PTSP (BADAN PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU) KOTA BATAM

  • Riko Riyanda, Wira Haryanti, Lenny Husna. Universitas Putera Batam

Abstract

Ditahun 2013 Ombudsman perwakilan Kepulauan Riau telah melakukan survei, yang
hasilnya menyatakan belum optimalnya kualitas pelayanan pada BPM PTSP Kota
Batam. Belum optimalnya pelayanan PTSP tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi analisis kegagalan mutu kinerja
Pelayanan BPM PTSP (Badan Pelayanan Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota
Batam Terhadap Indeks Kepuasan Publik. Metode pengambilan data dilakukan dengan
cara wawancara, observasi ketempat penelitian dan melakukan pengambilam
dokumentasi, memilik teknik informan dengan purposive sampling, teknik analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil
dari penelitian ini adalah yang menyebabkan kegagalan mutu kinerja pelayanan BPM
PTSP (Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Batam terhadap
indeks kepuasan publik adalah Kekurangan staff teknis di lapangan, masih kurang
sosialisasi kepada masyarakat tentang prosedur layanan berbasis digital, masih
rendahnya pelibatan masyarakat dalam penyusunan layanan dan kemandirian
pengelolaan SDM pada unit layanan terpadu dan DPM PTSP Kota Batam sangat minim
melakukan survei kepuasan masyarakat.

Author Biography

Riko Riyanda, Wira Haryanti, Lenny Husna., Universitas Putera Batam

DARI REDAKSI
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, telah terbit Jurnal Cahaya Keadilan yang
merupakan jurnal Program Studi Ilmu Hukum. Kami sangat bersyukur dan optimis bahwa
kami secara konsisten hadir di hadapan para akademisi dibidang Ilmu Hukum khususnya dan
seluruh pembaca jurnal ilmiah ini. Adapun yang menjadi harapan kami adalah menjadi
jurnal ilmiah yang terakriditasi. Oleh karena itu, kami aturkan terima kasih kepada semua
pihak yang telah ikut andil dalam membantu menerbitkan Jurnal Cahaya Keadilan ini.
Kami juga mengundang para peneliti, dosen dan pembaca yang mempunyai ketertarikan
dibidang ilmu hukum seluas-luasnya untuk mengirimkan tulisannya dengan syarat dan cara
yang termuat di halaman terakhir Jurnal Cahaya Keadilan ini. Kritik dan saran untuk
meningkatkan kualitas penerbit maupun isi jurnal, sangat kami harapkan.
Salam,
Redaksi

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku, Jurnal Dan Makalah
Azira, Era.. Analisis Sandar Pelayanan Minimal Kesehatan (Studi Kasus Di Pulau
Mapur Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan. Jurnal JUAN, 2017, 5 (1),
21–32.
Breithbarth, T., Mitchell, R., & Lawson, R.. Service Performance Measurement In A
New Zealand Local Goverment Organization. Business Horizons, 2010, 53(4),
397–403.
Dewanti, D. A. Studi Tentang Kinerja Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan
Samarinda Ulu. eJournal Ilmu Pemerintahan, 2014, 2(2), 2140–2150.
Dwiyanto, A. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press. 2012.
Dwiyanto, A. Reformasi Birokrasi Kontekstual. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press & Anggota IKAPI. 2015.
Indiahono, D. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys. Yogyakarta: Gava
Media. 2009.
Kumorotomo, W. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. (A.
Dwiyanto, Ed.). Jogjakarta: Gadjah Mada University Press. 2014.
Lianto, Reki. Analisis Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Tidak Optimalnya Pelayanan
Kesehatan Pulau Laut Kabupaten Natuna. Jurnal JUAN, 2013. 1 (1), 22–29.
Lodan, Karol Teovani. Inovasi Pelayanan Publik (Kajian Pengalaman Beberapa
Daerah), Jurnal Dialektika Publik, Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas
Putera Batam. 2016. 1(1): 1-12
Mutiarin, D., & Arif Zaenudin. Manajemen Birokrasi dan Kebijakan Penelusuran
Konsep Dan Teori. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.
Nurcholis, H. Teori Dan Praktik Pemerintahan Dan Otonomi Daerah. Jakarta: PT
Gramedia Widiasarana. 2005.
Sari, M. E. P., Setyobudi, Y. F., & Pratiwi, D. A.. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Kepatuhan Penyelenggara Pelayanan Publik Pemerintah Kota Batam. Dimensi,
2015. 4(1), 1–24.
Subarsono. Pelayanan Publik Yang Efesien, Ressponsif, dan Non-Partisan Dalam
Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. 2009.
Sedarmayanti. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, Dan
Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: PT. Refika Aditama. 2013.
Sinambela, L. P. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi.
Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.
Tjandra, Riawan W. Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan
Publik. Yogyakarta: Pembaharuan, 2015.
Published
2018-10-31
How to Cite
LENNY HUSNA., Riko Riyanda, Wira Haryanti,. INDEKS KEPUASAN PUBLIK TERHADAP KEGAGALAN MUTU KINERJA PELAYANAN BPM PTSP (BADAN PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU) KOTA BATAM. Jurnal Cahaya Keadilan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 185-199, oct. 2018. ISSN 2339-1693. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cahayakeadilan/article/view/1211>. Date accessed: 18 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.33884/jck.v6i2.1211.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.