EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK TERHADAP DAFTAR MEREK USAHA DAGANG INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH

  • 1. Ukas, 2 Irene, 3. Padrisan 2. Svinarky, 3.Jamba Dosen Universitas Putera Batam

Abstract

Peranan merek menjadi sangat penting terutama dalam menjaga persaingan
usaha yang sehat. Merek sangat penting untuk membedakan suatu produk
dari porduk yang sama lainnya. Agar ada kepastian hukum tentang merek,
maka merek tersebut harus didaftarkan. Kota Batam sebagai pusat bisnis dan
industri menghasilkan berbagai produk baik barang maupun jasa. Produkproduk
tersebut agar dikenal orang membutuhkan merek sebagai pembeda
dari produk lain yang sejenis dan agar ada kepastian hukum dan kepastian
hak harus didaftarakan. Penelitian ini untuk melihat Efektifitas Undang-
Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek, dalam pendaftaran merek
produk bagi usaha kecil dan menengah. Adapun metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan
yuridis sosiologis, yaitu memanfaatkan teori yang ada dan mengkaitkan
dengan hasil penelitian di lapangan. Untuk analisa datanya Tim Peneliti
menggunakan analisa data kualitatif. Menurut hasil penelitian dapat diketahui
bahwa, masih kurangnya/kesadaran masyarakat memahami penting
pendaftaran merek, mereka tidak memahami manfaat pendaftaran merek.
Masyarakat cenderung membuat usaha dengan tidak mendaftarkan merek
usahanya, dengan alasan biaya yang sangat mahal padahal penjualan tidak
seberapa dan banyak lagi alasan lainnya, sehingga aturan yang adapun
kurang efektif di dalam prakteknya.

Published
2017-11-04
How to Cite
2. SVINARKY, 3.JAMBA, 1. Ukas, 2 Irene, 3. Padrisan. EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK TERHADAP DAFTAR MEREK USAHA DAGANG INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Cahaya Keadilan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 29-47, nov. 2017. ISSN 2339-1693. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cahayakeadilan/article/view/142>. Date accessed: 17 dec. 2017.