PERJANJIAN PEMANFAATAN TENAGA KERJA BONGKAR MUAT BARANG (TKBM)

  • Masitah Pohan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Diana Mayansari Hasibuan Universitas Putera Batam

Abstract

Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang memiliki peran pokok dalam pencapaian kinerja kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal di pelabuhan serta gambaran umum tentang Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat berperan pada seluruh aktivitas di pelabuhan. Pada dasarnya Tenaga Kerja Bongkar Muat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Sumber Daya Manusia di pelabuhan secara umum yang karena fungsi dan perannya di pelabuhan lebih specific dibidang bongkar muat barang maka disebut dengan istilah Tenaga Kerja Bongkar Muat Barang. Hal tersebut didasari melalui kesepakatan bersama antara Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI MEDAN) dan Primer Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM). Adapun tujuan penelitian yang diangkat pada tulisan ini adalah untuk mengetahui pengaturan sistem kerja bongkar muat yang merupakan sitem kerja borongan, sistem kerja tanpa adanya waktu yang ditentukan dalam penyelesaian aturan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.100/MEN/IV/2004, yang menyangkut Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan tanpa adanya bentuk perjanjian khusus atau tanpa adanya hubungan kerja langsung antara pekerja dengan penyedia jasa sesuai dengan hukum Pedata mengenai perjanjian umum, seta hubungan kerja sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menerapkan penelitian yuridis empiris, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer.

References

Andrian Sutedi. 2015. Hukum Perburuhan. Jakarta: Sinar Grafika.
Aloysius Uwiyono, dkk. 2014. Asas-Asas Hukum Perburuhan. Jakarta: Rajawali Pers
Lalu Husni. 2017. Pengantar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Jakarta: PT. Raja
R. Joni Bambang. 2013. Hukum Ketenagakerjaan. Bandung: Pustaka Setia
Suerjono Soekanto. 2014. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: Universitas Indonesia.
Soerjono Soekanto dan Sri Mamuji. 2015. Penelitian Hukum Normatif. Jakarta: Raja Wali Pers.
Sudjat Miko. 2015. Pokok-pokok Pelayaran Niaga. Jakarta: Cendana Pressindo
Wawan Muhwan Hariri. 2017. Hukum Ketenagakerjaan. Bandung: Pustaka Setia.
Zaeni Asyhadie. 2013. Hukum Kerja. Jakarta: Rajawali Pers
Published
2021-03-30
How to Cite
POHAN, Masitah; HASIBUAN, Diana Mayansari. PERJANJIAN PEMANFAATAN TENAGA KERJA BONGKAR MUAT BARANG (TKBM). Jurnal Cahaya Keadilan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 15-30, mar. 2021. ISSN 2339-1693. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cahayakeadilan/article/view/1923>. Date accessed: 24 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.33884/jck.v9i1.1923.
Section
Jurnal Cahaya Keadilan Vol. 9 No. 1 April 2021

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.