PENGUKURAN NILAI ESTETIKA WEBSITE BANK BPR KOTA BATAM DENGAN PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION

  • Andi Maslan Universitas Putera Batam

Abstract

Kehadiran internet bagaimanapun harus dipadukan dengan kecanggihan desain dan pertimbangan dari sisi usability. Jika pengguna tidak dapat menemukan apa yang dibutuhkan dari halaman web yang diberikan karena kurangnya informasi atau kompleksitas navigasi, pengguna akan menjadi frustrasi dan pindah ke situs lain. Rata-rata pengguna menghabiskan 46 detik melihat setiap halaman web. Berbagai organisasi tertarik dalam mengevaluasi website untuk memastikan bahwa pihak organisasi secara efektif dapat mencapai dan mempertahankan pelanggan, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa estetika telah menjadi semakin penting bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan mengukur nilai estetika website Bank BPR Kota Batam dengan Model End User Computing Satisfaction, apakah pengguna merasa puas terhadap desain website yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan diagram tulang ikan. Diagram tulang ikan digunakan untuk mengetahui akar penyebab pengguna merasa puas terhadap website yang ada di Bank BPR Kota Batam. Berdasarkan hasil survey dan penyebaran kuesioner kepada pengguna sistem sebanyak 60 responden didapatkan hasil bahwa pengguna puas dengan indicator warna, lay out, animasi, image, jenis huruf, keseimbangan tampilan dan daya tarik untuk Bank BPR di Kota Batam. Nilai estetika website bank Kencana Graha sebesar 68,2 % menyatakan puas dengan tampilan dan di urutan kedua bank BPRS Vitka Central dengan persentase 67,90%.

Published
2015-03-06
How to Cite
MASLAN, Andi. PENGUKURAN NILAI ESTETIKA WEBSITE BANK BPR KOTA BATAM DENGAN PENDEKATAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION. Computer Based Information System Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, mar. 2015. ISSN 2621-5292. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/392>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles