ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN DI RUMAH MAKAN PACITAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY MAMDANI

Authors

  • Dicky Eko Wicaksono Mahasiswa
  • Yusli Yenni

Keywords:

fuzzy mamdani; tingkat kepuasan pelanggan; kuliner; rumah makan pacitan.

Abstract

Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus dipriori- taskan oleh pedagang yang bergerak di bidang kuliner adalah kepuasan konsumen agar dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar. Untuk mengukur kepuasan konsumen terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan fasilitas, rasa masakan, kebersihan dan kualitas pelayanan juga sangat berpengaruh kepada tingkat kepuasan, dan dari tingkat kepuasan konsumen di Rumah makan pacitan dianalisis menggunakan fuzzy Mamdani dengan software mathlab dan dibantu dengan SPSS. Perancangan sistem untuk mendapatkan output dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: pembentukan himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi (pembentukan aturan fuzzy), komposisi aturan fuzzy, penegasan (defuzzifikasi).Output yang diperoleh yaitu tingkat kepuasan pelanggan dengan bilangan riil (nilai rill) yang artinya pelanggan merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan di Rumah Makan Pacitan. Logika fuzzy merupakan sistem untuk memecahkan masalah yang cocok untuk diterapkan pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana dan sistem kecil berbasis akuisisi data. Dengan menerapkan logika fuzzy dalam mendukung keputusan yang akan diambil diharapkan menghasilkan suatu keputusan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tersebut tentunya rumah makan pacitan dapat mengetahui tingkat kepuasan yang di dapatkan dari konsumen ketika berkunjung ke rumah makan pacitan. Tentunya dengan perhitungan manual yang bisa diterpakan dan disamakan dengan perhitungan pada Matlab. Maka dari itu, penulis mencoba membuat penelitian analisis kepuasan pelanggan diwarung makan pacitan dengan menggunakan logika fuzzy metode mamdani.

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Wicaksono, D. E., & Yenni, Y. (2020). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN DI RUMAH MAKAN PACITAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY MAMDANI. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 3(1), 106–112. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/comasiejournal/article/view/2093

Issue

Section

Articles