FUNGSI MEDIA SOSIAL GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI GURU SEKOLAH ALAM KOMUNITAS FITRAH LEBAH

Authors

  • ali alamsyah kusumadinata Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.1207

Keywords:

Karakteristik, Pemanfaatan, grup Whatsapp

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada fungsi media sosial grup whatsapp sebagai media komunikasi guru yang terdiri dari karakteristik, pemanfaatan, efektifitas pada guru sekolah alam komunitas fitrah lebah. Penelitian ini dilakukan di sekolah alam komunitas fitrah lebah pada anggota grup whatsapp guru. Tujuan dari penelitian adalah (1) Mengetahui karakteristik guru sebagai anggota grup whatsapp Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah. (2) Mengetahui bagaimana pemanfaatan grup whatsapp sebagai media komunikasi guru di Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah. (3) Mengetahui efektivitas grup whatsapp sebagai media komunikasi guru di Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah. Analisa dalam penelitian ini menggunakan analisa deskripsif kualitatif, Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan menganalisis pengalaman yang dilakukan secara sadar oleh informan. Data dikumpulkan dengan observasi langsung, Depth interview serta dokumen yang dibutuhkan. Analisis data deskriptif kualitatif untuk menguji fungsi media sosial grup whatsapp sebagai media komunikasi. Adapun hasil penelitian menunjukan pada  karakteristik guru sebagai anggota grup, pemanfaatan grup dan efektifitas grup whatsapp sebagai media komunikasi guru Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah.

Kata Kunci : Karakteristik, Pemanfaatan,  grup   Whatsapp

References

Andjani A, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio. 4 (1) : 41-50.

Suprayogo I, Tobroni. 2001. Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya
Kotler P, Armstrong G. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi kesembilan, 1st, dialih bahasakan oleh Sindoro A. Jakarta (ID): Indeks
Mulyana D. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.

Mobray K. 2009. The 10Ks of Personal Branding: Create a Better You (paperback). New York (US): Universe.
Montoya P, Vandehey. 2008. The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded marketplace (paperback). New York (US): McGraw-Hill.
Schrum. 2004. The Psychology of entertainment: concepts & application. London (UK): LEA Publisher.
Sukrillah A, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio. 3(2): 95-104.
Suyanto, Hisyam D. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta (ID): Adicita.

Published

2019-07-31