KONSTRUKSI KOMODIFIKASI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK KAMPANYE KESEHATAN DI INSTAGRAM DALAM PENCEGAHAN VIRUS CORONA PADA NEW ERA MASYARAKAT 5.0

-

  • ilona Vicenovie Oisina Situmeang UPI YAI Jakarta
  • Ivonne Ruth Situmeang

Abstract

Virus Corona merupakan salah satu virus yang ditakuti oleh seluruh umat manusia didunia ini karena merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang mematikan umat manusia. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin maupun obat yang dapat menyembuhkan virus ini. Sejak virus corona menyebar keseluruh dunia, tingkat kepedulian masyarakat dunia mulai bertambah akan pentingnya menjaga pola hidup sehat dan mulai berperan membagikan informasi penting dalam bentuk kampanye tentang Kesehatan tersebut ke teman dan masyarakat secara umum. Salah satu media yang digunakan untuk berbagi tersebut adalah media Instagram. dikarenakan media instagram merupakan salah satu media social yang banyak digunakan. Media Instagram merupakan salah satu media kampanye Kesehatan yang sering digunakan kementerian, pemerintah swasta, komunitas maupun perorangan dalam menyampaikan pesan kampanye Kesehatan. Yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kampanye sosial diinstagramdalam melakukan pencegahan terhadap virus corona di New Era 5.0 Society. Dalam penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi dengan konsep komunikasi persuasive, kampanye sosial, pemanfaatan media sosial untuk pesan kampanye dan Virus Corona. Pendekatan penelitian: kualitatif. Paradigma penelitian: paradigma post-positivisme. Tipe penelitian: eksploratif. Hasil yang diperoleh bahwa pengguna media instargram baik dari kementerian, pemerintah, komunitas maupun dari perorangan merancang terlebih dahulu konten dan video yang menarik akan dibagikan agar menimbulkan daya Tarik bagi orang yang melihatnya.

References

Gregory, Anne. (2010). Planning and Managing Public Relations Campaigns: A Strategic Approach (PR In Practice). United Kingdom: Kogan Page.
Heryanto, Gun Gun. (2018). Media Komunikasi Politik Relasi Kuasa Media di Panggung Politik. Yogyakarta: Diva Press IRCiSoD.
Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rogers, Everett (1983). Difussion of Innovations, London : Coller Macmillan Publisher.
Ruslan, Rosady. (2007). Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Situmeang. Ilona Vicenovie Oisina. (2020). Menyoal Pro Dan Kontra Penanganan Korona. http://m.kontan.co.id/news/menyoal-pro-dan-kontra-penanganan-korona 24 Maret 2020.
Situmeang . Ilona Vicenovie Oisina. (2020).Terpaan Postingan Kesehatan Mental Masa Pandemi Covid 19 Dan Kredibilitas Sumber Terhadap Perubahan Sikap (Survey Pada Follower @Jiemiardian Di Instagram). Pusaran Komunikasi Di Tengah Badai Covid-19. Deepublish : Sleman.
Ulfa, Ghina Shabrina dan Fatchiya Anmna. (2019). EFEKTIVITAS INSTAGRAM “EARTH HOUR BOGOR” SEBAGAI MEDIA KAMPANYE LINGKUNGAN Effectiveness of Instagram “Earth Hour Bogor” as a Environmental Campaign Media. Jurnal Komunikasi Pembangunan eISSN 2442-4102 Bulan Februari, Volume 16, No. 1 144
Visualisasi Kampanye Kesehatan Remaja Dalam Media Cetak Oki Adityawan Universitas BSI Bandung. Jurnal Sketsa, Vol.II No.1 April 2015
Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekata Media.
https://www.aktualita.co/2019/01/mengenal-apa-itu-society-50.html terhubung berkalau 16 Agustus 2020 Pukul 20:15 WIB
Published
2020-12-24
How to Cite
OISINA SITUMEANG, ilona Vicenovie; SITUMEANG, Ivonne Ruth. KONSTRUKSI KOMODIFIKASI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK KAMPANYE KESEHATAN DI INSTAGRAM DALAM PENCEGAHAN VIRUS CORONA PADA NEW ERA MASYARAKAT 5.0. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 34-53, dec. 2020. ISSN 2615-6725. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/commed/article/view/2718>. Date accessed: 02 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.33884/commed.v5i1.2718.