EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN DAN KESESUAIAN KOMPENSASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI DENGAN PERILAKU TIDAK ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN DI KOTA BATAM

  • Erni Yanti Natalia Universitas Putera Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara pengendalian intern dan kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi melalui perilaku tidak etis. Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan masukan bagi perusahaan mengenai kecenderungan kecurangan akuntansi sehingga perusahaan dapat melakukan tindakan antisipasi untuk meminimalisir praktik kecurangan akuntansi di dalam perusahaan, sehingga dapat mengurangi kerugiaan perusahaan dan dapat menjaga keberlangsungan hidup perusahaan untuk jangka panjang. Apabila perusahaan dapat survive, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keberlangsungan hidup Kota Batam untuk jangka panjang. Objek dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada departemen accounting/finance. Populasi dalam penelitan ini adalah karyawan perusahaan yang ada di Kota Batam yang tersebar di beberapa daerah kawasan industri Batam Center, Muka Kuning, Batu Ampar dan sekitarnya. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 21 dengan tingkat signifikansi (nilai sig) sebesar 5% (0,05).

Published
2018-11-27
How to Cite
NATALIA, Erni Yanti. EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN DAN KESESUAIAN KOMPENSASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI DENGAN PERILAKU TIDAK ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN DI KOTA BATAM. JURNAL AKUNTANSI BARELANG, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 32-42, nov. 2018. ISSN 2580-5118. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jab/article/view/713>. Date accessed: 02 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.