Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel éL Royale Bandung

Authors

  • Walai Erpurin Universitas Nasional PASIM

DOI:

https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i2.1253

Keywords:

Sistem Informasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh system informasi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel éL Royale Bandung. Hasil penelitian melalui analisis deskriptif menunjukkan bahwa system informasi pemasaran, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan berada pada kategori cukup baik. Kemudian pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel sistem informasi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya t hitung dari variabel bebas lebih besar dari pada t tabel yaitu sebesar 1,671093. Variabel sistem informasi pemasaran memiliki t hitung sebesar 5,046 dan kualitas pelayanan sebesar 2,897. Sedangkan untuk uji f, diperoleh f hitung sebesar 51,431 dan lebih besar dari f tabel yaitu 2,3974832. Selanjutnya hasil perhitungan korelasi, besarnya pengaruh sistem informasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan adalah 41,75%, dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah 21,6%, sementara pengaruh sistem informasi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 63,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Published

2019-08-07