PENGARUH IKLAN KOMERSIAL TELEVISI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT PONTANG KABUPATEN SERANG

Authors

  • Ubay Haki Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33884/jimupb.v8i1.1559

Keywords:

Iklan komersial, harga, keputusan pembelian

Abstract

Maksud judul penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh iklan komersial televisi dan harga, serta seberapa besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian masyarakat RT. 12/RW. 04 Kampung Sarandakan Desa Pontang Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan  metode deskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat RT. 12 RW. 04 Kampung Sarandakan Desa Pontang Kecamatan Pontang sebanyak 450 orang. Jadi, di dalam mengambil sampel menggunakan rumus slovin, yaitu sebanyak 82 orang. kemudian supaya mendapat data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data seperti observasi, penyebaran angket dan wawancara. Selanjutnya tehnik analisa data yang digunakan dalam pengolahan data adalah dengan menggunakan skala likert dan menggunakan bantuan SPSS. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat di lihat bahwa persamaan regresi linier Y = 0,005+ 0,680X1 + 0,523X2, Nilai koefisien korelasi (R) = 0.930, sedangkan koefisien determinasi (R2 x 100%) = 88%, yang berarti bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 86,5%, sedangkan sisanya 13,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan statistik, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara iklan komersial tv terhadap keputusan pembelian masyarakat sebesar 84,3%, terdapat pengaruh juga harga terhadap keputusan pembelian masyarakat sebesar 82,3%, dan terdapat pengaruh secara simultan antara iklan komersial tv dan harga terhadap keputusan pembelian masyarakat sebesar 86,5%, sedangkan sisanya 13,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini

Published

2019-12-21