Implementasi Profil Multimedia SMK Nurul Haromain Pujon

  • Soetam Rizky Wicaksono Universitas Ma Chung
  • Didit Prasetyo Nugroho Universitas Ma Chung

Abstract

SMK Nurul terletak di Pujon, Kabupaten Malang yang berbatasan langsung dengan kotamadya Batu, juga memiliki lokasi yang cukup nyaman dengan dikelilingi oleh area persawahan serta pemandangan pegunungan, namun tetap dekat dengan akses jalan raya. SMK tersebut merupakan bagian dari Pondok Pesantren Nurul Haromain, sehingga proses belajar mengajar yang ada didalamnya memiliki integrasi dengan akhlak Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Meski telah berdiri lama, namun masih memiliki siswa antara 20 – 40 per tahun dengan dua jurusan yang dimiliki, yakni tata busana dan Teknik Komputer Jaringan, maka pihak sekolah berniat untuk melakukan inovasi dalam proses promosi penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tahun ajaran berikutnya. Salah satu proses promosi yang akan ditempuh adalah melalui pemasangan iklan dan sebaran informasi melalui internet.


Profil multimedia berupa video singkat dengan alokasi waktu antara 3 hingga 5 menit bertujuan untuk menunjang kepentingan proses promosi dalam PPDB. Video profile juga dapat menjadi sarana komunikasi satu arah yang sangat efektif bagi pihak sekolah dengan stakeholders seperti dewan pengawas sekolah, pihak yayasan maupun orang tua siswa. Selain itu juga dapat menjadi sarana pengikat bagi para alumni untuk bisa menyebarluaskan informasi yang tepat mengenai keunggulan kompetitif atau competitive advantage dari almamater kepada khalayak secara luas. Sehingga hal tersebut dapat menjadi justifikasi mengenai kepentingan pembuatan video profile ini bagi SMK Nurul Haromain.. 

Published
2021-01-28
How to Cite
WICAKSONO, Soetam Rizky; NUGROHO, Didit Prasetyo. Implementasi Profil Multimedia SMK Nurul Haromain Pujon. Jurnal Pengabdian Barelang, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 10-13, jan. 2021. ISSN 2656-3959. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/2701>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2701.