Pelatihan Penyusunan Soal Berkualitas Pada Guru Matematika di SMPIT Arrahman Jakarta Selatan

  • Kasih Haryo Basuki Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Arif Rahman Hakim Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Muhamad Farhan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • M Tohimin Apriyanto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan gambaran secara umum tentang langkah-langkah evaluasi yang baik mengarah pada prediksi soal ujian nasional mata pelajaran matematika. Secara khusus menghasilkan soal prediksi ujian nasional dan pelaksanaan tryout ujian nasional untuk mengukur kesiapan pelaksanaan ujian nasional. Adanya tuntutan perihal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama menjadi salah satu problema bagi guru-guru Matematika khususnya di SMPIT Arrahman Jakarta Selatan. Hal ini didukung dengan data rendahnya hasil Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika di lingkup Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu yang disebabkan oleh pemahaman kurang maksimal tentang pembuatan soal untuk evaluasi sekaligus prediksi soal ujian nasional. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini yang utama adalah pelaksanaan kegiatan workshop pelatihan pembuatan soal prediksi ujian nasional mata pelajaran matematika serta melakukan tryout ujian nasional matematika. Hasil dari kegiatan ini antara lain: 1) Standby Soal Prediksi Ujian Nasional untuk Mata Pelajaran Matematika & 2) Hasil Tryout Mata Pelajaran Matematika. Secara keseluruhan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat disimpulkan sudah terlaksana dengan baik dan menghasilkan dampak yang positif dari pelaksana ke lembaga mitra kegiatan.

Published
2021-01-28
How to Cite
BASUKI, Kasih Haryo et al. Pelatihan Penyusunan Soal Berkualitas Pada Guru Matematika di SMPIT Arrahman Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Barelang, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 36-40, jan. 2021. ISSN 2656-3959. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/2717>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2717.