Data Mining Clustering Nilai IQ Siswa Sekolah SMAK Yos Sudarso Batam

Authors

  • Alvendo Wahyu Aranski Universitas Putera Batam
  • Koko Handoko Universitas Putera Batam

Keywords:

Data Mining; Metode K-means Clustering; Tingkat IQ.

Abstract

Sekolah Yos Sudarso Batam merupakan suatu sekolah swasta yang banyak diketahui oleh masyrakat batam, sekolah berhasil memperoleh peringkat pertama, dalam rata-rata nilai ujian nasional tingkat Kepulauan Riau. Pengelompokkan siswa berdasarkan tingkat IQ bertujuan agar siswa dapat menerima metode pembelajaran yang lebih tepat dan efektif sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan baik. Pada sekolah SMAK Yos Sudarso batam yang menjadi tempat penelitian, siswa yang mendaftarkan diri untuk bersekolah sangat banyak dan pengelompokkan siswa akan memakan waktu yang sangat banyak dan tidak efisien jika dilakukan secara manual. Pengelompokkan siswa dapat dilakukan secara cepat dan tepat dengan memanfaatkan data mining. Salah satu metode pada data mining adalah pengelompokkan atau clustering. Tahapan metode ini dimulai dengan pemilihan secara acak K, K disini merupakan banyaknya cluster yang ingin dibentuk. Kemudian tetapkan nilai-nilai K secara random, untuk sementara nilai tersebut menjadi pusat dari cluster atau biasa disebut dengan centroid, mean atau “means”. Hitung jarak setiap data yang ada terhadap masing-masing centroid menggunakan rumus Euclidian hingga ditemukan jarak yang paling dekat dari setiap data dengan centroid setelah selesai perhitungan secara manual di jalankan dengan software data mining yaitu RapidMiner. Penggunaan metode K-Means untuk melakukan pengelompokkan merupakan salah satu metode yang tepat jika dilihat dari variabel yang akan digunakan yaitu nilai tingkat IQ siswa.

References

Asriningtias, Y., Mardhiyah, R., Studi, P., Informatika, T., Bisnis, F., Informasi, T., & Yogyakarta, U. T. (2014). APLIKASI DATA MINING UNTUK MENAMPILKAN INFORMASI, 8(1), 837–848.

Bisilisin, F. Y., Herdiyeni, Y., & Silalahi, B. I. B. P. (n.d.). Optimasi K-Means Clustering Menggunakan Particle Swarm Optimization pada Sistem Identifikasi Tumbuhan Obat Berbasis Citra K-Means Clustering Optimization Using Particle Swarm Optimization on Image Based Medicinal Plant Identification System, 3(2002).

Handoko, K. (2016). Penerapan Data Mining Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Instansi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus Di Program Studi Tkj Akademi Komunitas Solok Selatan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 31

Masalah, L. B. (2011). Data mining.

Putra, R. R., & Wadisman, C. (2018). IMPLEMENTASI DATA MINING PEMILIHAN PELANGGAN POTENSIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS, 1(1), 72–77.

Published

2019-11-14

How to Cite

Aranski, A. W. ., & Handoko, K. . (2019). Data Mining Clustering Nilai IQ Siswa Sekolah SMAK Yos Sudarso Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 31–36. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1501

Issue

Section

Articles