Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada PT Antony Teknika Sigmaweld

Authors

  • Decky Antony Kifta Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina

Keywords:

Motivasi; Disiplin; Kinerja karyawan; Produktivitas.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan pada PT Antony Teknika Sigmaweld. Sebagaimana diketahui bahwa karyawan adalah aset bagi perusahaan sehingga peningkatan kinerja karyawan akan memberikan dampak kenaikan produktivitas perusahaan. Terdapat dua variabel yang dipercaya mempengaruhi variabel kinerja karyawan. Dua variabel bebas itu adalah motivasi dan disiplin, sedangkan variabel kinerja karyawan merupakan variabel terikatnya. Kemudian untuk memperoleh data yang diperlukan, selama penelitian penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuesioner. Kuesioner yang dibuat mengacu pada keempat variabel bebas dan satu variabel terikat itu dibagikan kepada kuesioner. Sebanyak 80 orang karyawan terpilih sebagai responden yang mengisi kuesioner, dan data yang diperoleh melalui kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Pengujian yang dilakukan meliputi uji statistik yaitu seperti uji normalitas, uji t, uji F, persamaan regresi dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari uji statistik tersebut kemudian disimpulkan, dan dibuktikan bahwa ada pengaruh signifikan antara motivasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Hal ini ditunjukkan hasil uji t dan uji F yang menunjukkan adanya hubungan antara variabel-variabel bebas dan variabel terikatnya, dan dengan nilai koefisien determinasi atau nilai adjusted R square sebesar 0,816, atau 81,6%, maka hal ini berarti bahwa pengaruh motivasi dan disiplin sangat kuat atau signifikan terhadap kinerja karyawan dengan persentase sebesar 81,6%.

References

Badeni, (2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Bianca, A., Susihono W. (2012). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Spektrum Industri, Volume. 10, No. 2.

Gathungu, James, Wachira, H.W. (2013). Job Satisfaction Factors that Influence the Performance of Secondary School Principals in their Administrative Functions in Mombasa District, Kenya. International Journal of Education and Research. Vol. 1 No 2, pp. 257-270.

Hasibuan, M.S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-20. Jakarta: Bumi Aksara.

Juniantara, I.W., Riana, I.G. (2015). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 4.09, ISSN: 2337, hal: 611-628.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Cetakan 10. Bogor. Ghalia Indonesia.

Ratnasari, S.L. Sutjahjo, G. (2017). Kompensasi, Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. PEB. Jurnal Manajemen Bisnis (MEBIS). Prodi Manajemen. Universitas Pembangunan Nasional Veteran. ISSN(e): 2599-283X, pp. 71-75.

Robbins, S.P., Judge, T.A. (2013). Organizational Behaviour. 15th Edition. USA: Pearson Education.

Siagian, S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ke-20. Jakarta: Bumi Aksara.

Simanjuntak, P.J. (2011). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Edisi 3. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Sulasri D., Suhardi. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Riau. Ejournal Universitas Putera Batam.

Sukadi. (2016). Hubungan Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Huda 1, Karangpandan. Tesis. IAIN Surakarta.

Supomo, R. Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia - untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Yrama Widya.

Suprihati. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Sari Jati di Sragen. Jurnal Paradigma. Vol. 12. No.1.

Syarif, D. (2015). Teori-Teori Manajemen dan Organisasi – Iklim Organisasi. http://theorymanajemendanorganisasi.blogspot.com/2015/12/iklim-organisasi.html [11 Desember 2015].

Hong, T. Waheed, A. 2011. Herzberg’s Motivation-Hygene Theory and Job Satisfaction in the Malaysian retail Sector: The mediating effecf of love of Money. Sunway University, School of Business 5. Jalan Universiti, Bandar Sunway 461:50. Petaling Jaya, Selangaor, Malaysia, Asian Academi of Management Jurnal Vol. 16., No. 1. pp. 73-94.

Walsa, E. Ratnasari, S. L. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Pembina Pengangkutan Industries Batam. Jurnal EKSEKUTIF, Vol. 13, No. 1. Hal 97-111.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi ke-5. Cetakan ke-12. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wijayanto, D. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia.

Published

2019-11-15

How to Cite

Kifta, D. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada PT Antony Teknika Sigmaweld. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 49–54. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1504

Issue

Section

Articles