Rancangan Pemilihan Paket Pelaminan Menggunakan Finite State Automata di Kota Batam

Authors

  • Koko Handoko Universitas Putera Batam
  • Alvendo Wahyu Aranski Universitas Putera Batam

Keywords:

Finite State Automata, Deterministic Finite State Automata, Paket Pelaminan, State

Abstract

Paket pelaminan untuk pernikahan di kota Batam sangat banyak ragamnya. Hal ini membuat calon pengantin menjadi bingung dalam menentukan pilihannya. Ada sekian banyak pertimbangan yang membuat calon pengantin harus memilih satu diantara sekian banyak pilihan paket pelaminan, diantaranya harga paket, banyak baju yang akan digunakan, sewa fotografer, dan jenis tenda yang akan digunakan. Dari sekian banyak input yang diinginkan oleh calon pengantin untuk memilih paket pelaminan yang ada di kota Batam, ada baiknya hal tersebut disederhanakan prosesnya dengan bantuan Finite State Automata. Di dalam FSA, terdapat cara atau diagram yang bisa digunakan untuk membuat keputusan yang simpel dalam pengambilan keputusan. Diagram yang ditawarkan bisa membantu calon pengantin untuk menentukan pilihannya terhadap pemilihan paket pelaminan. Di dalam FSA, biasanya diawali dengan simbol awal dan diikuti dengan keadaan yang banyak sesuai dengan input yang dimiliki. Dengan menggunakan fungsi transisi pada FSA, penentuan pemilihan paket pelaminan bisa ditelusuri dengan mudah, sehingga pilihan paketnya jatuh kepada pilihan yang tepat. Pada rancangan ini, peneliti membuatkan diagram FSA dengan tujuan agar ketika diubah atau digunakan oleh alat pembuat keputusan yang lain bisa membantu dan mempermudah dalam pembuatan aturan sehingga alat yang digunakan untuk mengambil keputusan bisa menghasilkan nilai atau hasil sesuai dengan yang diharapkan. Di dalam penelitian ini, FSA yang peneliti gunakan adalah Deterministic Finite State Automata, yang mencakup kegiatan penelusuran hasil dengan cara memberikan satu input kesetiap state yang ada. Kesimpulannya, FSA dapat digunakan untuk membuat suatu rule dalam logika fuzzy sehingga mempermudah pekerjaan peneliti dalam membuatkan rule pada aplikasi matlab nantinya.

References

Komputasi, J. (2013). Penerapan Konsep Finite State Automata ( FSA ) pada Mesin Pembuat Minuman Kopi Otomatis. 1(1), 83–90.

Mauboy, R. E., & Manongga, D. (2017). Penerapan Finite State Automata Pada Proses Peminjaman Buku di Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana Artikel Ilmiah. (672013158).

Saputra, T. I., Gunaryati, A., Studi, P., Informatika, T., & Nasional, U. (2018). Simulasi Vending Machine Dengan Mengimplementasikan Finite State Automata. 3(3), 1–6.

Published

2019-11-15

How to Cite

Handoko, K., & Aranski, A. W. (2019). Rancangan Pemilihan Paket Pelaminan Menggunakan Finite State Automata di Kota Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 121–126. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1518

Issue

Section

Articles