Strategi Penentuan Tata Letak Barang dengan Teknik Asosiasi

Authors

  • Nurul Azwanti Universitas Putera Batam
  • Erlin Elisa Universitas Putera Batam
  • Nopriadi Nopriadi Universitas Putera Batam

Keywords:

Tata Letak, Datamining, Apriori, Asosiasi

Abstract

Membuka usaha merupakan salah satu kegiatan bisnis yang dapat memberikan dampak pada perekenomian. Raffa Photocopy memiliki usaha copy, percetakan, penjilidan hingga menjual Alat Tulis Kantor (ATK) serta perlengkapan sekolah. Pada penelitian ini hanya membahas mengenai penjualan perlengkapan sekolah seperti tas, sepatu, kaos kaki dan lain sebagainya. Namun, diperlukan sebuah strategi penjualan guna mempertahankan bisnis dan pemasaran. Strategi yang baik pasti menghasilkan keuntungan dan produk ataupun barang akan terjual dengan cepat. Strategi tersebut adalah pengaturan tata letak barang. Terbukti bahwa keputusan membeli barang yang diluar perencanaan dipengaruhi oleh tata letak. Data mining menjawab masalah ini dengan menganalisa data yang besar tersebut kemudian membuat sebuah aturan, pola, ataupun model tertentu. Teknik asosiasi yang dapat digunakan adalah algoritma apriori yang dirancang untuk menemukan kombinasi item. Algoritma apriori berpedoman pada nilai min support dan min confidence.penelitian ini akan menganalisa pola pembelian peralatan sekolah pada objek penelitian Raffa Photocopy dengan Variabel yang diolah yakni Tas, Topi, Ikat Pinggang, Kacu, Topi Boni, Botol Minum, Kaos Kaki, Baret dan Dasi. Minimum support yang ditentukan yaitu 30% dan minimum confidence 75%. Hasilnya adalah Kaos Kaki – Topi dengan minimum support 30% dan minimum confidence 80%, kemudian Dasi – Topi dengan minimum support 40% dan minimum confidence 100%. Dengan begitu, untuk tata letak yang harus dilakukan adalah topi harus berdekatan dengan kaos kaki dan dasi.

References

Darmawan, A. S. (2015). Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Penawaran Produk Di Batik Putra Ghofur Pekalongan. JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN, 8.

Hutahaean, H. D., Sinaga, B., & Rajagukguk, A. A. (2016). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Algoritma Apriori Untuk Korelasi Penjualan Produk ( Studi Kasus : Apotik Diory Farma ). JIPN (Journal of Informatics Pelita Nusantara), 1(1), 7–13.

Irfa’aturrochmah. (2018). Penentuan Tata Letak Barang Dagangan Berdasarkan Data Transaksi Penjualan Harian Menggunakan Algoritma Apriori, (November), 155–168.

Kasmiruddin. (2012). Analisis Strategi Bersaing Bisnis Eceran Besar / Modern ( Kasus Persaingan Bisnis Ritel Di Pekanbaru ). Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–11.

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & A, F. E. M. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ). JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 9(2), 120–127.

Nurdin, & Astika, D. (2015). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Penjualan Barang Dengan Pada Supermarket Sejahtera Lhokseumawe. Techsi, 6(1), 134–155.

Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 19–24.

Tonara, D. B. (2015). Hierarchical Market Basket Analysis berbasis Algoritma Apriori. JUISI, 1(1).

Wulandari, H. N., & Rahayu, N. W. (2014). Pemanfaatan Algoritma Apriori untuk Perancangan Ulang Tata Letak Barang di Toko Busana. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Published

2019-11-15

How to Cite

Azwanti, N., Elisa, E., & Nopriadi, N. (2019). Strategi Penentuan Tata Letak Barang dengan Teknik Asosiasi. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 157–162. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1526

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>