Perancangan Alat Bantu Pengisi Enzim yang Ergonomis pada Stasiun Chemical Size Press di PPM#6 Menggunakan Metode Value Engineering

Authors

  • Zayyinul Hayati Zen Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sahata Tumpal M. Purba Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

Antropometri, Alat Bantu, Chemical Size Press, Value Engineering (VE)

Abstract

PT. Indah Kiat Pulp and Paper (PT.IKPP) adalah salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan pulp (bubur kertas) dan paper (kertas). PT.IKPP mempunyai beberapa mesin kertas, salah satunya adalah Paper Machine 6 (PPM#6). Pada seksi PPM#6 telah menerapkan kedisiplinan dalam budaya kerja. Namun demikian masih banyaknya ditemukan aktivitas yang tidak ergonomis dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat menyebabkan penyakit akibat bekerja seperti pekerjaan mengisi enzim ke dalam storage enzim yang masih dilakukan secara manual. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner dan wawancara kepada operator, ditemukan adanya keluhan sakit pada bagian pinggang, pergelangan tangan kiri dan pergelangan tangan kanan ketika melakukan pengisian enzim. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kebutuhan operator terhadap alat bantu pengisian enzim yang ergonomis dan memberikan usulan rancangan alat bantu pengisian enzim yang ergonomis dengan menggunakan metode Value Engineering. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis dimana didalamnya terdapat (analisis ide alternatif, biaya bahan baku, antropometri dan analisis bahan baku) dan tahap selanjutnya adalah tahap pengembangan dan tahap rekomendasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh kebutuhan alat bantu pengisi enzim yang sesuai dengan kebutuhan operator yaitu sebuah alat dengan daya tahan yang kuat, penggunaan alat yang mudah, aman untuk digunakan, harga yang ekonomis dan desain yang menarik. Rancangan alat bantu pengisi enzim ini dibuat dengan bahan baku pipa stainless steel, besi, roda, safety belt, bearing, rubber silicon, mur dan bantalan bearing.

References

Akhdiya, A. 2003. Isolasi Bakteri Penghasil Enzim Protease Alkalin Termostabil. Buletin Plasma Nutfah 9(2): 38 – 44.

A.L. Lehninger, Dasar-dasar Biokimia, Thenawidjaja M, Erlangga, Jakarta. 1998.

Azwar,S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Guilford,Jp. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Haryanto, Tri, 2012, Perancangan ulang alat bantu jalan (Walker) untuk pasien pasca stroke menggunakan metode Value Engineering, Universitas sebelas Maret, Surakarta.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Salemba Empat. Jakarta.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

Moon, S.H. and S.J. Parulekar., 1993, Some Observation on Protease Producing in Continuous Suspention Cultures of Ballicius firmus, Biotech, Bioeng, 41:43-54.

NCHRP (National Coorporation Highway Research Program) Synthesis 389, 2009, Performance_Based Contracting for Maintenance : A Synthesis of Highway Practice, Maryland, USA.

Nurmianto, Eko,2008. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya.Guna Widya.Surabaya.

Park, J, Y., Kim, K. A. & Kim, s. L.,2003, Chloramphenicol Is a Potent Inhibitor of Cytochrom P450 Isoforms CYP2C19 and CYP3A4 in Human Liver Microsomes, in Antimicrob. Agents Chemother. November 2003 vol.47 no. 11 3464-3469.

Pelczar, M. J. dan Chan, E. C. S., 2005. “Dasar-dasar Mikrobiologi 1”, Alih bahasa: Hadioetomo, R, S., Imas, T., Tjitrosomo, S.S. dan Angka, S. L., UI Press, Jakarta

Purba, Sahata. 2018. Praktek Kerja. Universitas Muhammadiyah RIAU. Pekanbaru.

Poedjiadi, Anna. 1994. Dasar-dasar Biokimia. Jakarta: UI-Press.

Sumadi Suryabrata. 2000. Metode Penelitian. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sutalaksana Z, Iftikar. 1997. Teknik Tata Cara Kerja. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Sutalaksana. I. Z. 1979. Produk-Produk Ergonomis dan Strategi Mewujudkanya. Dalam; Proceedings Simposium dan Pameran Ergonomic Indonesia 2000, Tehnology Business Operation Unit IPTN, Bandung I, p. 19-24.

Tarwaka. 2004. Ergonomi industri. UNIBA. Surakarta .

Thenawidjaja. M. 1998. Analisis Isoflafon dan Antioksidan Kedelai dan Tempe. Thesis. Atma Jaya Chatolic University of Indonesia. Jakarta.

Thomas, A. N. S., 1989, Tanaman Obat Tradisional, Kanisius, Yogyakarta.

Woodson Wesley.E,; “Human Factor Design Handbook”, Mc. Graw Hill, New York, 1981.

Zimmerman LW, Hart. GD, (1982), Value Engineering, A Practical Approach for Owner, Designers and Contractors, Edisi 14, Van Nostrand Reinhold Company, New York, USA

Published

2019-11-16

How to Cite

Zen, Z. H., & Purba, S. T. M. (2019). Perancangan Alat Bantu Pengisi Enzim yang Ergonomis pada Stasiun Chemical Size Press di PPM#6 Menggunakan Metode Value Engineering. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 253–258. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1544

Issue

Section

Articles