Faktor Perilaku yang Mempengaruhi Hasrat Pemain Dalam Melakukan In App Purchase

Authors

  • Julia Veronica Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/cbis.v9i2.3711

Abstract

Game gacha merupakan salah satu genre game yang populer. Gacha adalah sebuah teknik monetisasi yang banyak digunakan di jepang dimana pemain didorong untuk memasukkan uang. Sistem gacha ini diimplementasikan kedalam game online dimana pemain akan sering melakukan in app purchase. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh faktor perilaku manusia terhadap keinginan pemain dalam melakukan in app purchase. Metode yang kami gunakan adalah menyelidiki faktor - faktor yang didapatkan dari self control, competition terhadap purchase intention. Hasil dari penelitian kami menunjukkan bahwa adanya pengaruh faktor self control, faktor competition dalam mendorong pemain untuk melakukan pembelian in app purchase. Dengan mengetahui hasil penelitian ini, kami harap penelitian ini bisa dijadikan pengetahuan terhadap pemilik usaha game online.

Published

2021-09-30