Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat HSK 1 Berbasis Video
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v10i1.5445Abstract
Pada zaman sekarang, Bahasa sudah tidak terlepas dari kehidupan manusia, karena manusia merupakan makhluk sosial. Bahasa memiliki peranan yang sangat penting di dunia. Dengan adanya bahasa, manusia dapat mengungkapkan perasaan, gagasan ataupun ide kepada orang lain. Salah satu bahasa internasional yang telah diakui oleh banyak negara ialah Bahasa Mandarin. Bahasa ini memiliki karakteristik yang unik dengan huruf dan penulisan yang berbeda dengan bahasa lain. Bahasa Mandarin juga memiliki intonasi nada pada setiap katanya. Peneliti melakukan perancangan media pembelajaran Bahasa Mandarin tingkat HSK 1 berbasis video dengan menggunakan metode RND (Research and Development) yang mengarah pada model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Model ADDIE sering digunakan dalam perancangan media pembelajaran, karena ADDIE merupakan model kerangka kerja simpel yang berguna dalam merancang media pembelajaran, dimana prosesnya dapat terlaksanakan dalam berbagai pengaturan karena strukturnya umum. Bahasa mandarin juga telah diakui oleh dunia bahwa bahasa ini merupakan salah satu bahasa yang sulit untuk dipelajari. Rancangan video pembelajaran ini dibuat berdasarkan materi yang diberikan oleh ahli materi serta pencarian sumber di situs website. Luaran dari proyek ini adalah sebuah video dengan 4 jenis topik pembelajaran bahasa mandarin tingkat HSK 1. Perancangan video pembelajaran ini diharapkan dapat membantu para pelajar dan para penutur bahasa dalam memahami materi serta pengambilan ujian HSK 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Computer Based Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.