EFEKTIFITAS EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.33884/cbis.v6i1.577Abstract
Media sosial dapat membantu seseorang untuk melakukan interaksi dengan yang lainnya. Munculnya berbagai macam platform media sosial mempengaruhi model interaksi termasuk interaksi yang dilakukan di perkuliahan. Masalah yang timbul adalah model perkuliahan yang sebagian besar masih dilakukan secara konvensional tanpa didukung oleh teknologi ataupun media pembelajaran. Model pembelajaran ini dinilai kurang menarik bagi mahasiswa dan tidak efektif serta menyebabkan suasana perkuliahan menjadi tidak interaktif dan materi hanya bersumber dari dosen pengajar. Daya serap yang berbeda juga menjadi faktor kurangnya respon mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Edmodo adalah jejaring sosial yang memiliki kemiripan dengan facebook dan didesain khusus untuk kemudahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media edmodo sebagai penunjang pembelajaran di perguruan tinggi. Objek penelitian adalah mahasiswa disalah satu perguruan tinggi yang mengambil mata kuliah Komputer Aplikasi dan terdiri dari dua kelas yaitu kelas yang menggunakan edmodo dan kelas konvensional. Teknik pengambilan data dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, kesamaan dua rata rata dan uji t. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa edmodo efektif digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran edmodo lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Computer Based Information System Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.