PENGARUH EARNING OPACITY, OWNERSHIP STRUCTURE, DAN CAPITAL INTENCITY TERHADAP TAX AVOIDANCE

(Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Kesehatan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2021)

Authors

  • Muhammad Ikhsan Universitas Pamulang
  • Fery Citra Febriyanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.33884/jab.v7i2.7153

Keywords:

Kata Kunci: Earning Opacity, Ownership Structure, Capital Intencity, Tax Avoidance

Abstract

ABSTRAK

Salah satu sumber pendapatan negara yang memiliki kontribusi terbesar dari seluruh pendapatan negara Indonesia adalah pajak. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi Tax Avoidance  di Indonesia dengan variabel independen yaitu Earning Opacity, Ownership Structure, dan Capital Intencity. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 data dari 9 Laporan Keuangan perusahaan Kesehatan Sub Sektor Farmasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017 - 2021 yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Earning Opacity, Ownership Structure, dan Capital Intencity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance. Secara parsial Ownership Structure dan Capital Intencity tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance, sedangkan Earning Opacity berpengaruh terhadap Tax Avoidance. Koefisien determinasi mempunyai nilai sebesar 87,4828%, hal ini menunjukkan tingkat pengaruh yang diberikan variabel independen terhadap variabel dependen kuat dan sisanya 12,5172% dapat dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Earning Opacity, Ownership Structure, Capital Intencity, Tax Avoidance

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Ikhsan, M., & Febriyanto, F. C. (2023). PENGARUH EARNING OPACITY, OWNERSHIP STRUCTURE, DAN CAPITAL INTENCITY TERHADAP TAX AVOIDANCE: (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Kesehatan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2021). JURNAL AKUNTANSI BARELANG, 7(2), 48–66. https://doi.org/10.33884/jab.v7i2.7153