PENGARUH MEDIA EXPOSURE, CORPORATE GOVERNANCE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE
DOI:
https://doi.org/10.33884/jab.v9i2.9888Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah ada pengaruh antara Media Exposure, Corporate Governance, Pertumbuhan Perusahaan terhadap Carbon Emission Disclosure pada Perusahaan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Corporate Governance yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepemilikan Institusional. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia, dengan mengambil Sustainability Report dan Annual Report periode tahun 2019-2023 dan dipilih menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah perusahaan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2023. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu media exposure,kepemilikan institusional, dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel independen sedangkan variabel dependennya adalah Carbon Emission Disclodure. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan program Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel media exposure dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap carbon emission disclosure, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan institusional tidak berbepngaruh terhadap carbon emission disclosure. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media exposure,kepemilikan institusional, dan pertumbuhan perusahaan secara bersama- sama berpengaruh terhadap carbon emission disclosure.
Keywords: Media Exposure, Corporate Governance, Institutional Ownership,Company Growth, Carbon Emission Disclosure.