PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PERSISTENSI LABA DAN SALES GROWTH TERHADAP MANAJEMEN LABA

Authors

  • Arfi Maulana Ismail Universitas Pamulang
  • Lilis Karlina Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.33884/jab.v9i2.9917

Keywords:

Earning management, Managerial Ownership, Earning Persistence, Manajemen Laba, Kepemilikan Manajerial, Persistensi Laba, Sales Growth

Abstract

This research aims to determine the influence of managerial ownership, profit persistence and sales growth. The population in this research is all companies in the Food and Beverages sector on the Indonesia Stock Exchange during the period 2019 to 2023. The population of this research is 84 companies. This research uses a data sample of 10 companies over a period of 5 years. Sampling was carried out using purposive sampling. This research is quantitative research that uses classical assumption tests and multiple linear regression analysis. The results of this research simultaneously (f test) show a significant value of 0.000000 <0.05, which means that the variables of managerial ownership, earnings persistence and sales growth partially have an influence on earnings management. The partial research results (t test) of the managerial ownership variable show a significant result of 0.5313 > 0.05, which means that the partial managerial ownership variable has no influence on earnings management, the earnings persistence variable shows a significant result of 0.0000 < 0 .05 which means that the earnings persistence variable partially has an influence on earnings management and the sales growth variable shows a significant result of 0.0342 <0.05 which means that the sales growth variable partially has an influence towards earnings management.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, persistensi laba dan sales growth. Populasi dalam penelitian ini adalah semua persuahaan di sektor  Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019 sampai tahun 2023. Populasi dari penelitian ini ada 84 perusahaan penelitian ini menggunakan sampel data sebanyak 10 perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini secara simultan (uji f) menunjukan hasil nilai signifikan sebesar 0,000000 < 0,05 memiliki arti bahwa variabel kepemilikan manajerial, persistensi laba dan sales growth secara parsial memberikan pengaruh terhadap manajemen laba. Hasil penelitian secara  parsial (uji t) variabel kepemilikan manajerial menunjukan hasil signifikan sebesar  0,5313 > 0,05 yang memiliki arti  bahwa variabel kepemilikan manajerial secara parsial tidak memberikan pengaruh terhadap manajemen laba, variabel persistensi laba menunjukan hasil signifikan sebesar 0,0000 < 0,05 yang memiliki arti bahwa variabel persistensi laba secara parsial memberikan pengaruh terhadap manajemen laba dan variabel sales growth menunjukan hasil signifikan sebesar 0,0342 < 0,05 yang memiliki arti bahwa variabel sales growth secara parsial memberikan pengaruh terhadap manajemen laba.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Ismail, A. M., & Karlina, L. (2025). PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PERSISTENSI LABA DAN SALES GROWTH TERHADAP MANAJEMEN LABA. JURNAL AKUNTANSI BARELANG, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.33884/jab.v9i2.9917