PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, STRUKTUR MODAL, DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIHAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.33884/jab.v9i2.9933Keywords:
Corporate Social Responsibility, Kepemilikan manajerial, Kinerja Keuangan, Struktur Modal, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Peran Kepemilikan Manajerial dalam Moderasi Hubungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Struktur Modal, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai perusahaan pada perusahaan consumer non-cyclicals atau barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2019 sampai 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019 sampai 2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan hasil dari 125 populasi penelitian menjadi 18 sampel penelitian yang diolah dalam penelitian ini. Data yang digunakan adalah data panel yang diperoleh dari data sekunder yang dikumpulkan dengan metode keperpustakaan dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari analisis statistic deskriptif, regresi data panel, dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan Microsoft Excel dan EViews 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tetapi struktur modal dan kinerja keuangan dengan proksi Return on Asset (ROA) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dan kinerja keuangan dengan proksi Return on Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi hubungan pengungkapan corporate social responsibility, struktur modal, dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.