PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG DI OWABONG MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.33884/jimupb.v8i1.1587Kata Kunci:
Destination image, satisfaction, loyaltyAbstrak
Pertumbuhan ekonomi bangsa saat ini meningkat seiring dengan berkembangnya industri pariwisata di Indonesia. Peningkatan tersebut juga mempengaruhi pendapatan daerah yang memiliki obyek wisata potensial. Penelitian ini dilakukan di Owabong ( Obyek Wisata Air Bojongsari ) dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh citra destinasi terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel mediasi. Data diperoleh dengan metode kuisioner terhadap 145 pengunjung obyek wisata air bojongsari. Metode yang digunakan adalah desktiptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah citra destinasi dan kepuasan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pengunjung, tetapi kepuasan tidak mampu menjadi variabel mediasi antara citra destinasi dengan loyalitas.
Kata Kunci : Citra destinasi, kepuasan, loyalitas.