Peningkatan Kemampuan Editing Video Multicam Mahasiswa PKL Di Vendor Sudiantara13 Video And Photography

Penulis

  • I Gede Sujana Eka Putra STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Luh Putu Labasariyani STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33884/jpb.v6i2.2716

Kata Kunci:

Editing Video, Multikamera, Mensunting, Timeline

Abstrak

Video editing dengan multi kamera merupakan teknik mensunting video hasil dari dua kamera atau lebih, yang sedang merekam sebuah kejadian atau adegan secara bersamaan, untuk menghasilkan komposisi video. Editing video ini dilakukan secara offline dengan memanfaatkan feature multicamera dan marker pada software video editing adobe premiere pro. Penulis mengadakan pelatihan sebagai kegiatan praktek kerja lapangan mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia tentang pengeditan video dengan multikamera dan perangkat lunak menggunakan Adobe Premiere Pro versi Creative suite 3. Adapun tahapan dalam melakukan editing, menggunakan teknik multikamera adalah setelah file hasil rekaman diimport pada jendela project (file-import), kemudian file tersebut dimasukkan ke arah channel video timeline.  Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan pemberian tugas menggunakan rancangan Hopkins. Hasil kegiatan menunjukkan analisis kwantitatif prestasi belajar Mahasiswa siklus I, rata-rata (mean) nya adalah 56, Median (titik tengahnya) adalah 50, Modus (angka yang paling sering muncul) adalah 50. Pada tindakan siklus II peneliti giat merencanakan kembali hal-hal yang belum dapat direncanakan yang meliputi menyiapkan bahan-bahan pendukung pembelajaran seperti membuat susunan materi yang lebih menarik dan memberikan sample hasil editing multicam. Analisis kwantitatif prestasi belajar siswa siklus II rata-rata (Mean)nya adalah 79, Median (titik tengahnya) adalah 85, sedangkan Modusnya adalah 85.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

Eka Putra, I. G. S., & Labasariyani, N. L. P. (2024). Peningkatan Kemampuan Editing Video Multicam Mahasiswa PKL Di Vendor Sudiantara13 Video And Photography. Jurnal Pengabdian Barelang, 6(2), 1–5. https://doi.org/10.33884/jpb.v6i2.2716