Pendampingan Penguatan Kompetensi Guru SMA, MA, dan SMK Melalui Pengembangan Multiple-Solution Task dalam Pembelajaran Matematika di Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Authors

  • Muhamad Toyib Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Christina Kartika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lina Wahyu Sri Fatmasari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33884/jpb.v3i02.3644

Keywords:

multiple solution task, pendampingan guru, pembelajaran matematika

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: (a) memperkenalkan bagaimana merancang multiple-solution task dalam pembelajaran matematika bagi guru-guru SMA/SMK Muhammadiyah di Klaten dan sekitarnya; (b) menyelenggarakan lokakarya dan pelatihan guru dalam merancang multiple-solution task dalam topic geometri analitik. Pelatihan dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Jawa Tengah. Pesertanya adalah para guru SMA/SMK Muhammadiyah di Klaten dan sekitarnya. Hal itu dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: persiapan, terdiri dari koordinasi internal dan eksternal; tahap implementasi yang meliputi pengenalan dan pelatihan desain tugas solusi ganda dalam pembelajaran matematika. Kegiatan bakti sosial ini diikuti 24 guru dari 17 sekolah Muhammadiyah di Klaten. Peserta telah dilatih secara teknis dengan pengalaman baru merancang multiple-solution task dan mengembangkan multiple-solution task dalam topik geometri analitis; para peserta terlibat penuh selama pelatihan. Ada umpan balik dan kebutuhan untuk peningkatan dalam mengintegrasikan multiple-solution task dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2021-07-19

How to Cite

Toyib, M., Sari, C. K., Rejeki, S., & Fatmasari, L. W. S. (2021). Pendampingan Penguatan Kompetensi Guru SMA, MA, dan SMK Melalui Pengembangan Multiple-Solution Task dalam Pembelajaran Matematika di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(02), 20–30. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i02.3644