Peningkatan Pemahaman Ustadz/Ustadzah Tentang Gaya Belajar Santri di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Kurikulum Taman Pendidikan Alqur’an

Penulis

  • Yayuk - Hidayah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Suyitno Suyitno Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33884/jpb.v6i2.3662

Kata Kunci:

Pemahaman, Taman pendidikan alqur’an, Ustadz/Ustadzah ,

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ustadz/ustadzah tentang gaya belajar santri di massa pandemi melalui optimalisasi kurikulum taman pendidikan alqur’an. Latar belakang pengabdian ini adalah adanya fenomena para santri yang belum dapat menyesuikan diri dengan pembelajaran di taman pendidikan alqur’an khususnya di massa pandemi. Hasil pengabdian di analisis pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengabdian menunjukan bahwa terdapat beberapa penyesuaian kurikulum yang harus di lakukan oleh taman pendidikan alqur’an khususnya di massa pandemi agar pembelajaran dapat optimal yaitu perencanaan waktu dalam belajar dan materi pembelajaran. Gaya belajar santri di massa pandemi menunjukan minat yang naik turun, Sebagian besar santri merasa kurang optimal karena berkurangnya tata muka dengan ustadz/ustadzah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

Hidayah, Y. .-., & Suyitno, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Ustadz/Ustadzah Tentang Gaya Belajar Santri di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Kurikulum Taman Pendidikan Alqur’an. Jurnal Pengabdian Barelang, 6(2), 6–9. https://doi.org/10.33884/jpb.v6i2.3662