Perencanaan Pembelajaran Daring di SMA Kalam Kudus Surabaya

Penulis

  • Lya Dewi Anggraini Universitas Ciputra Surabaya
  • Yuli Kartika Dewi Universitas Ciputra Surabaya
  • Timotius Febry Christian Wahyu Sutrisno, Dr Universitas Ciputra Surabaya

Kata Kunci:

Asinkronis, Pembelajaran Interaktif, Sinkronis, Teknologi Internet

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran daring memerlukan persiapan dan perencanaan yang lebih rumit dan melibatkan pengaturan waktu yang tepat dan ketat serta bantuan pengetahuan dan kemampuan memanfaatkan berbagai teknologi berbasis internet. Pelatihan penyusunan rencana pembelajaran daring oleh para guru SMA Kalam Kudus Surabaya bertujuan untuk memudahkan penggabungan antara pembelajaran sinkronis dan asinkronis berbasis learning management system yaitu Google Classroom dengan berbagai situs pembelajaran daring yang interaktif, seperti Kahoot, PearDeck, Mentimeter, PollEv, dan Padlet. Penyusunan modul dapat meningkatkan engagement siswa SMA secara sinkronis, dengan metode seperti game dengan membangkitkan adrenalin dan keinginan berkompetisi, sehingga siswa akan lebih merasa tertantang untuk mendapatkan reward sekaligus secara alamiah saling mendukung. Kegiatan asinkronis dapat direncanakan dengan melibatkan lingkungan tempat tinggal siswa masing-masing. Dengan memanfaatkan benda-benda fisik, orang, dan lingkungan terdekat, awareness dan kreativitas dalam pembelajaran formal sebagai bagian dari kehidupan nyata dapat lebih memberikan dampak positif. Para guru tidak merasa tergantung lagi dari gedung dan fasilitas sekolah yang terbatas sehingga pembelajaran akan jauh lebih menyenangkan dan dapat dinikmati selama masa pandemi ini.

Biografi Penulis

Yuli Kartika Dewi, Universitas Ciputra Surabaya

Dosen di Program Studi Manajemen, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra Surabaya. 

Timotius Febry Christian Wahyu Sutrisno, Dr, Universitas Ciputra Surabaya

Kepala Program Studi, Program Studi Manajemen, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra Surabaya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-06