BAHAYA DAN DAMPAK PENYALAHGUNAAN NAPZA DI KALANGAN PELAJAR SMAN 9 BEKASI

Authors

  • Rabiah Al Adawiah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.33884/jpb.v4i1.4583

Keywords:

Dampak, penyalahgunaan, napza, pelajar

Abstract

Angka penyalahgunaan NAPZA/Narkotika di Indonesia mencapai 3.419.188 orang, dan 27% pengguna NAPZA tersebut dari kalangan pelajar. Besarnya angka ini menjadi masalah serius terutama bagi generasi muda. Penyalahgunaan NAPZA dapat membahayakan dan memberikan dampak yang serius terhadap fisik, psikis, bahkan dampak sosial bagi penggunanya. Dengan demikian menjadi sangat penting bagi semua pihak baik sekolah maupun orang tua untuk terus memberikan pengarahan yang baik mengenai bahaya penyalahgunaan NAPZA/Narkotika bagi masa depan pelajar.

Secara umum, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan hukum penyalahgunaan Napza ini, yaitu: 1) Pihak sekolah turut mencegah terjadinya penyalahgunaan Napza di kalangan pelajar; 2) Kalangan pelajar dapat mengerti dan memahami bahaya dan dampak penyalahgunaan Napza dan aspek hukumnya. Metode kegiatan dilaksanakan dalam bentuk webinar melalui platform/aplikasi zoom antara narasumber dengan para peserta pelajar.

Published

2022-01-18

How to Cite

Al Adawiah, R. (2022). BAHAYA DAN DAMPAK PENYALAHGUNAAN NAPZA DI KALANGAN PELAJAR SMAN 9 BEKASI. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33884/jpb.v4i1.4583