Branding Berbasis Digital Content Kopi Arabica Tanah Karo Dan Peningkatan Produktifitas Untuk Hilirisasi Industri Kopi Desa Lingga Kecamatan Kaban Jahe Sumatera Utara

Authors

  • Rezha Destiadi Politeknik Negeri Medan
  • Andi Supriadi Chan Politeknik Negeri Medan
  • Orli Binta Tumanggor Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.33884/jpb.v4i1.4594

Keywords:

Desa lingga , karo , kopi arabica ,UMKM

Abstract

Desa lingga di kabupaten karo merupakan salah satu desa yang menjadi penghasil kopi arabica di sumatera utara. Dilihat dari letak desa lingga yang berada pada dataran tinggi maka jenis tanah disini adalah tanah lembab sehingga tanaman yang ada didominasi oleh pertanian seperti kopi , jeruk dan usaha mikro lainnya yang  memiliki Potensi untuk di kembangkan.salah satunya adalah UMKM yang bergerak di pengolahan kopi. Usaha ini dikelola oleh beberapa orang dan memanfaatkan masyarakat sekitar sebagai karyawan. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kelompok produktif ini seperti pemasaran yang bersifat konvensional dan manajemen pengolahan belum baik dan peralatan produksi dengan kapasitas minim. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi ini untuk menyelesaiakan permasalahan yang dihadapi oleh mitra Maju dengan penerapan Iptek yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara pelatihan digital content untuk pemasaran dan penjualan menggunakan foto dan video, pelatihan pengolahan proses kopi dengan standatr tinggi serta penyediaan alat giling kopi untuk menjaga mutu dan kualitas produk. Iptek yang akan di implementasikan pada mitra produktif yang berada di desa lingga adalah mesin giling kopi untuk produksi. Kemudian pelatihan digital content berbasis foto dan video, penyediaan website untuk promosi dan penjualan serta pelatihan pengolahan pasca panen kepada petani yang dimiliki agar dapat berkembang menjadi lebih baik dan mandiri. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemberdayaan masyarakat dengan konsep berbasis masyarakat kelompok produktif (Community base Education)

Published

2022-01-18

How to Cite

Destiadi, R., Chan, A. S., & Tumanggor, O. B. (2022). Branding Berbasis Digital Content Kopi Arabica Tanah Karo Dan Peningkatan Produktifitas Untuk Hilirisasi Industri Kopi Desa Lingga Kecamatan Kaban Jahe Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.33884/jpb.v4i1.4594