Sosialisasi dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Baby Smart Bubur Bayi Berbasis E-Commerce

Authors

  • John Friadi Universitas Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/jpb.v4i1.4712

Abstract

UMKM adalah kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan rakyat kebanyakan dengan swadaya mengelola sumberdaya ekonomi yang diusahakan dan dikuasainya. UMKM Smart Baby Bubur Bayi dalam perkembangannya memiliki keterbatasan untuk menjangkau pasar dan melakukan promosi. Sistem pemasaran dan promosi usaha ini masih konvensional yaitu, menjual produk langsung ke konsumen berdasarkan orderan masuk, menitipkan produk ke penjual dengan sistem persenan 20% untuk produk terjual dan menjadi tidak efektif karena bubur yang tidak terjual terbuang dan profit menjadi berkurang serta promosi hanya dengan membagikan kartu nama UMKM kepada orang-orang yang memiliki bayi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai strategi pemasaran dan promosi secara digital kepada UMKM Smart Baby Bubur Bayi berbasis E-Commerce dengan 5 tahapan kegiatan yaitu tahap 1 survei, untuk mengetahui permasalahan mitra, tahap 2 persiapan dan penyusunan tujuan penyelesaian masalah, tahap 3 pelaksanaan kegiatan, sosialisasi dan penyuluhan strategi pemasaran digital web E-Commerce, tahap 4 evaluasi kegiatan, membandingkan kondisi sebelum dan sesudah program dilaksanakan, tahap 5 laporan kegiatan dan dokumentasi, kegiatan dengan media kamera dan rekaman.. Indikator keberhasilan program dari kegiatan ini terlihat dari bertambahnya pengetahuan dan pemahaman mitra mengenai pentingnya web E-Commerce sebagai strategi pemasaran dan promosi digital UMKM untuk meningkatkan penjualan dan promosi.

Published

2022-01-18

How to Cite

Friadi, J. (2022). Sosialisasi dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Baby Smart Bubur Bayi Berbasis E-Commerce. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(1), 71–77. https://doi.org/10.33884/jpb.v4i1.4712