Pembinaan Kewirausahaan Berbasis Fintech (Financial Technology) dan Digital Marketing di SMK Real Batam
DOI:
https://doi.org/10.33884/jpb.v6i2.8760Abstract
Revolusi industri 4.0 menuntut lulusan SMK untuk memiliki keterampilan kewirausahaan dan pemasaran digital yang mumpuni. SMK Real Batam sebagai salah satu sekolah yang fokus pada pengembangan kewirausahaan bagi siswanya, menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) dengan tema "Pembinaan Kewirausahaan Berbasis Fintech (Financial Technology) dan Digital Marketing". Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi keuangan dan pemasaran digital untuk menunjang usaha mereka. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah pelatihan, pendampingan, dan mentoring. Materi pelatihan meliputi pengenalan fintech, penggunaan aplikasi fintech untuk transaksi keuangan, strategi pemasaran digital, dan pembuatan konten media sosial. Pendampingan dan mentoring dilakukan untuk membantu siswa dalam menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari. Hasil dari PKM ini menunjukkan bahwa siswa memiliki peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan fintech dan digital marketing. Siswa juga menunjukkan antusiasme dan motivasi yang tinggi untuk memulai usaha mereka sendiri. Diharapkan dengan kegiatan PKM ini, siswa SMK Real Batam dapat menjadi wirausahawan yang sukses di era digital