Penerapan Neural Network dalam Meramalkan Jumlah Wisatawan Asing di Kota Batam

Authors

  • Alfanissa Annurullah Fajrin Universitas Putera Batam
  • Rahmat Fauzi Universitas Putera Batam

Keywords:

Wisata; Artificial Intelligent; Artificial Neural Network; Backpropagation.

Abstract

Pariwisata merupakan suatu keseluruhan elemen-elemen terkait yang didalamnya terdiri dari wisatawan, daerah tujuan wisata, perjalanan, industri dan lain sebagainya yang merupakan kegiatan pariwisata. Dengan tingginya jumlah kedatangan wisatawan asing maka diperlukan adanya strategi dan kebijakan sedini mungkin yang dapat dilakukan oleh pemerintah kota batam dalam melakukan pengelolaan dan pembangunan sarana dan prasarana yang dapat mendukung perkembangan dan kemajuan pariwisata yang ada. Dengan tingginya jumlah kedatangan wisatawan asing. Maka di butuhkan sebuah metode yang dapat meramalkan jumlah atau frekuensi kedatangan wisatawan pada sebuah daerah. Seperti Artificial Neural Network backpropagation yang dapat digunakan untuk membantu menganalisa dan meramalkan jumlah wisatawan pada sebuah daerah. Setelah data didapat maka daerah tersebut dapat mengatur kebijakan bahkan menambah lokasi wisata pada wilayah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode SDLC model waterfall, model ini sangat sederhana dan mudah digunakan untuk penelitian pemula karena linier untuk setiap tahapannya dari studi kelayakan, literatur review, analisis permasalahan serta pengolahan dan implentasi algoritma artifisial neural network. Sehingga hasil penelitian dapat di implementasikan untuk melakukan prediksi kedatangan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota batam. untuk tingkat kesiapan teknologi pada penelitian ini adalah melakukan pembuktian konsep teoritis dan analisis dengan cara melakukan pengembanga teknologi dengan dasar model matematika sehingga dimungkinkan untuk disimulasikan.Sehingga nanti dapat ditarik kesimpulan yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan pada masa yang akan datang.

References

Angga Ginanjar Mabrur, L. R. (2012). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kriteria Nasabah Kredit. Jurnal Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 53–57.

Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2017). Kota Batam Dalam Angka 2017, 316.

Bidang, P., Sains, K., Mardi, Y., Gajah, J., No, M., & Barat, S. (n.d.). Jurnal Edik Informatika Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4 . 5 Data mining merupakan bagian dari tahapan proses Knowledge Discovery in Database ( KDD ) . Jurnal Edik Informatika. Jurnal Edik Informatika, 213–219.

Devy, H. A., & Soemanto, R. B. (2017). Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus Obyek Wisata Air Terjun Jumog di Kawasan Wisata Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar). Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 34–44.

Harryanto, F. F., & Hansun, S. (2017). Penerapan Algoritma C4 . 5 untuk Memprediksi Penerimaan Calon Pegawai Baru di PT WISE. Jatisi, 3(2), 95–103.

Khoiriah. (2013). Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Sistem Informasi, 1(1). Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/7334/2/BAB I, VII, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Lasabuda, R. (2013). Pembangunan Wilayah Pesisir Dan Lautan Dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 1(2), 92–101. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2016.11.209

Published

2019-11-14

How to Cite

Fajrin, A. A., & Fauzi, R. (2019). Penerapan Neural Network dalam Meramalkan Jumlah Wisatawan Asing di Kota Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 19–24. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1499

Issue

Section

Articles