Analisis Pola Pembelian Konsumen pada PT Indoritel Makmur Internasional Tbk Menggunakan Metode Algoritma Apriori

Penulis

  • Narti Eka Putria Universitas Putera Batam
  • Rika Harman Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Data Mining, Data Transaksi, Apriori, Aturan Asosiasi, Pola Pembelian

Abstrak

PT Indoritel Makmur Internasional Tbk atau yang lebih dikenal dengan Indomaret merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang ritel yang mana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen. Konsumen cenderung memperhatikan harga pada label dan tata letak produk. Pada label harga, tercantum harga promo dan masa promo tersebut berlangsung. Akan tetapi, saat masa promo masih berlangsung, produk yang diinginkan kosumen sudah kosong. Selain itu, peletakan produk pada rak yang tidak sesuai dengan kebiasaan konsumen saat membeli produk secara bersamaan dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kekecewaan pada konsumen yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu perusahaan harus mencermati pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Untuk mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan, menggunakan association rule (aturan asosiasi) yaitu teknik Data Mining untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan metode algoritma apriori yang dapat menghasilkan pengetahuan yang terkandung dalam data transaksi pelanggan, mengenai pola pembelian oleh konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan algoritma apriori yang memenuhi syarat nilai minimum confidence dan diuji dengan software Tanagra, pada toko Indomaret rule tertinggi yang muncul pada produk Kunci Mas Minyak Goreng Pch 1,8l dan Sedap Mie Kari Special 75G dengan nilai Support 43,3% dan confidence 92,8%, hal ini sama dengan perhitungan manual algoritma apriori. Maka dapat dilakukan pengaturan tata letak produk secara berdekatan untuk memudahkan keberadaan produk tersebut dan memudahkan dalam menentukan persediaan produk promo yang diinginkan konsumen serta dapat digunakan sebagai pendukung keputusan manajer dalam mengelola aktifitas perusahaan.

Referensi

Anggraeni, H. D., Saputra, R., & Noranita, B. (2012). Aplikasi Data Mining Analisis Data Transaksi Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus di Apotek Setya Sehat Semarang). Machine Learning, 4(X), 639–644.
CNNIndonesia. (2017). Laba Indomaret dan Alfamart Anjlok di Semester.
Husda, N. E. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. BADUOSE.
Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & A, F. E. M. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ), 9(2), 120–127.
Rodiyansyah, S. F. (2016). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan, 36–39.
Solnet, D., Boztug, Y., & Dolnicar, S. (2016). Salinan terjemahan SolnetBoztug (belum print).
Yulianti, L., Sari, H. L., & Hayadi, H. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Peserta KB Teladan Di BKKBN Bengkulu Menggunakan Pemrograman Visual Basic 6.0. Media Infotama, 8(2), 36–54.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-27

Cara Mengutip

Putria, N. E. ., & Harman, R. . (2021). Analisis Pola Pembelian Konsumen pada PT Indoritel Makmur Internasional Tbk Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Prosiding, 3, 108–113. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3623

Terbitan

Bagian

Articles