PENERAPAN LEAN SERVICE DALAM MENINGKATKAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI PT HONDA KJM (CABANG AHMAD YANI)

Authors

  • Hartadi Wijaya Universitas Banten Jaya

DOI:

https://doi.org/10.33884/jrsi.v8i2.7241

Abstract

Consumers want services that can bring their own satisfaction, so that consumers return to using these services. Basically the consumer satisfaction in the quality of service, service satisfaction is used to make a service system optimal and effective. The problem of waste in service at PT Honda KJM (Ahmad Yani Branch) is found in the long waiting time for the service process from 10.00 to 11.35 in the afternoon and motorbike maintenance which depends on the level of difficulty, with lean service the service will be better than before, and will add to the profit for the service company.

 

Lean Service by definition are methods and equipment designed to reduce costs, improve performance, reduce waiting times, eliminate waste, so that service quality can be maximized. Where lean service is used for a service approach that ensures information that can be conveyed to consumers directly and maximally in getting service. The principle of lean service has been commonly used in the manufacturing industry, but over time, the service industry has begun to adapt this principle to reduce waste in service companies.

References

Bobby Cahyo Widiantoro. (2015). Upaya Minimasi Waste Pada Proses Pengadaan Barang/Jasa Di PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Menggunakan Lean Service. https://dspace.uii.ac.id diakses pada tanggal 23 november 2022.

Francesca dan Nurmianto. (2010). Upaya Perbaikan Kualitas Unit Pelayanan Teknik Dengan Pendekatan Lean Service Studi Kasus Di PT. PLN APJ Surabaya Selatan. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 23 november 2022.

Fijar Alpasa dan Lisye Fitria. (2014). Penerapan Konsep Lean Service Dan DMAIC Untuk Mengurangi Waktu Tunggu Pelayanan Di PT XYZ. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 23 november 2022.

G. L. Widjaja dan Wiyono Pontjoharyo. (2016). Ketika Lean Tidak Hanya Mengenai Efisiensi Efektivitas Lean Pada Badan Usaha Berbasis Layanan Konsumen. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 10 desember 2022.

M. Shodiq Abdul Khannan dan Haryono. (2016). Analisis Penerapan Lean Manufacturing Untuk Menghilangkan Pemborosan Di Lini Produksi PT Adi Satria Abadi. https://digilib.uinsby.ac.id diakses pada tanggal 10 desember 2022.

Mirani Yolanda dan Eric Wibisono. (2018). Peningkatan Proses Layanan Dengan Pendekatan Lean Service Di Hotel Trio Indah 2 Malang.

Budiarto dan Santoso. (2016). Analisi Kualitas Pelayanan Terhadap Konsumen Menggunakan Metode Service Performance, Lean Service, Dan Importance Performance Analisys. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 26 desember 2022.

Fino Wahyudi Abdul. (2015). Usulan Penerapan Metodelogi DMAIC Dan Service Bluprint Untuk Perbaikan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT MUTU. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 31 desember 2022.

F Diza dan S.Moniharapon. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Perusahaan PT.FIFGROUP Cabang Manando. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 31 desember 2022.

Harliwantip. (2014). Analisa Lean Service Guna Mengurangi Waste Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Banyuwangi. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 31 desember 2022.

Masloman dan Lumanauw. (2014). Kualitas Pelayanan Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kentucky Fried Chicken Multimart Ranotana Manado. https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 31 desember 2022.

Meilan Agustin. (2016). Rancangan Penerapan Lean Service Di Departemen Service Control Guna Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan Internal Di Gedung Kantor Pusat Perusahaan PT XYZ TBK https://scholar.google.co.id diakses pada tanggal 16 desember 2022.

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles