STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK DAN JASA (KLINIK DERMALOVE BATAM)
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i2.9516Abstract
Strategi komunikasi pemasaran memegang peranan krusial dalam membangun kepercayaan publik terhadap produk dan layanan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Klinik Dermalove Batam dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk dan jasa estetika yang ditawarkan. Pendekatan kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan manajemen dan staf klinik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Klinik Dermalove Batam berhasil membangun kepercayaan publik melalui transparansi informasi layanan dan biaya, ulasan dan testimoni pelanggan yang jujur, fokus pada kualitas dan kebersihan, serta komunikasi yang konsisten dan responsif. Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) yang terintegrasi, meliputi periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi, pemasaran digital, pemasaran acara, dan manajemen hubungan pelanggan, turut memperkuat posisi klinik di pasar estetika yang kompetitif. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat seperti persaingan dengan klinik baru, penyebaran informasi tidak akurat di media sosial, dan kesulitan menghadapi pelanggan yang takut dikenakan upselling. Penelitian ini merekomendasikan diversifikasi layanan, peningkatan edukasi pelanggan, pengelolaan reputasi online, penanganan upselling yang lebih baik, dan pengembangan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran. Kesimpulannya, Klinik Dermalove Batam telah berhasil menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dalam membangun kepercayaan publik, meskipun menghadapi beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya
References
Agus, H. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Agus M.Hardjana. (2016). Ilmu Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Akhmad, A. and Setiawan, F. (2023). Strategi integrated marketing communication pada baznas demi meningkatkan partisipasi generasi milenial indonesia dalam berzakat. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 395-402. https://doi.org/10.54082/jupin.166
Amelia Helen Minarto. (2021). KEPERCAYAAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMESANAN HOTEL DI TRAVELOKA. Jurnal Manajemen Perhotelan. https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.1-9
Andrew E. Sikula. (2017). Komunikasi Bisnis. Erlangga.
Arifin, M. J. (2021). Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah) STRATEGI ISLAMIC BRANDING DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN (Vol. 08). http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/
Batra, R. and Keller, K. L. (2016). Integrating marketing communications: new findings, new lessons, and new ideas. Journal of Marketing, 80(6), 122-145. https://doi.org/10.1509/jm.15.0419
Dihuma, L. (2023). Bauran pemasaran (4p) pada produk minyak kelapa kampung “lanarasa” di desa tambu kecamatan balaesang. Transformasi Journal of Economics and Business Management, 2(1), 264-272. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.532
Effendy. (2015). Ilmu Komunikasi Teori & Praktek (Onong, Ed.). PT Rmaja Rosdakarya.
Hanif, H. (2023). Strategi bauran pemasaran 7p menggunakan pendekatan analisis swot dalam upaya meningkatkan daya saing mangata coffee & eatery. Media Wisata, 21(1), 164-177. https://doi.org/10.36276/mws.v21i1.460
Karyaningsih, RR. P. D. (2019). Ilmu Komunikasi.
Kusuma, I. P., Welsa, H., & Lukitaningsih, A. (2023). Analisis produk wisata dan komunikasi pemasaran terpadu terhadap motivasi kunjungan melalui keputusan kunjungan sebagai variabel intervening pada heha ocean view. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi &Amp; Bisnis Islam, 4(5), 1275-1288. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i5.2796
Kusuma Wardana, A., Sulistyawati Handayani, D., Ribka Kaunang, R., & Parani, R. (2024). Komunikasi pemasaran terpadu dalam era digital: peran teknologi dan respons masyarakat. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 14(11). https://doi.org/10.59188/covalue.v14i11.4326
Lanny Juniarti. (2018). Miracle Aesthetic bakal bangun dua gerai di tahun ini. Kontan.Co.Id.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.Muna, C. N. (2020). Integrated marketing communication pada heri pemad management studi kasus international artjog mmxix. Jurnal Tata Kelola Seni, 6(1), 1-17. https://doi.org/10.24821/jtks.v6i1.4111
Mussry Jacky. (2018). Ini ramalan MarkPlus soal tren industri kecantikan di 2018. Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/ini-ramalan-markplus-soal-tren-industri-kecantikan-di-2018#google_vignette
Peng, X., Gao, J., Yuan, Y., Liu, H., Lei, W., Li, S., … & Wang, S. (2019). Hypoxia-activated and indomethacin-mediated theranostic prodrug releasing drug on-demand for tumor imaging and therapy. Bioconjugate Chemistry, 30(11), 2828-2843. https://doi.org/10.1021/acs.bioconjchem.9b00564
Rahayu, Y. S. (2014). Pengaruh integrated marketing communication terhadap brand equity perbankan syariah di kota malang. El Dinar, 1(02). https://doi.org/10.18860/ed.v1i02.2520
Saudah, S., Mariani, A., & Amalia, P. (2022). Digital storytelling home of humans di instagram. Jurnal Komunikasi Global, 11(1), 164-186. https://doi.org/10.24815/jkg.v11i1.25044
Septiani, H. and Tunjungsari, H. K. (2022). Pengaruh strategi komunikasi terpadu terhadap kinerja penjualan pt enagic indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(6), 633-638. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i6.20690
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Suharno. (2016). Komunikasi Bisnis Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Aktivitas Bisnis.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Pustaka Setia.
Wardani, S. (2023). Strategi komprehensif untuk pencapaian tujuan bisnis dalam bauran komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39-47. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v3i1.152
Wijaya, S. and Adriansyah, A. (2020). Efektivitas pelaksanaan marketing mix 9p terhadap kepuasan pelayanan klinik rawat jalan rumah sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs Dr Soetomo, 6(1), 28. https://doi.org/10.29241/jmk.v6i1.279
Winata, T. (2024). Pengaruh bauran pemasaran 7p terhadap loyalitas konsumen produk olahan kopi gincu di kota cirebon. Mimbar Agribisnis Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 1056. https://doi.org/10.25157/ma.v10i1.12822
Yanuarita, D. and Desnia, A. (2023). Strategi komunikasi pemasaran terpadu melalui media sosial instagram sebagai sarana promosi di sekolah alam kebun tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 245-256. https://doi.org/10.54082/jupin.153