PENGARUH “Code Mixing” DAN “Code Switching” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS

KEMAMPUAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS Supiastutik, supiastutikjuhanda@gmail.com, Universitas Jember. Gaguk Rudianto, gagukrudianto@gmail.com. Universitas Putera Batam

  • supiastutik astutik universitas jember

Abstract

Didalam proses pengajaran bahasa Inggris di sekolah baik di tingkat SMA maupun tingkat SMP penggunaan bilingual tidak dapat dihindari. Penggunaan bilingual yang sering digunakan dalam proses “mencerdaskan kehidupan bangsa” adalah “Code Mixing” dan “Code Switching.” Kedua alih kode tersebut berperan sangat penting dalam membantu pemahaman kepada siswa. Sejauh mana pengaruh dari kedua kode tersebut didalam pemabahan? Penelitian ini akan mengungkapkannya secara detail dan data yang didapatkan dianalisa dengan menggunakan uji Kruskal Wallis One Way Anova dengan menggunakan nilai chisquare untuk mengetahui signifikansinya.

References

Cohen, L. (1996, January). Teaching Vocabularies to
English Teacher Trainees. English Teaching Forum,
1996.
Decure, N. (2003, October). Designing Vocabulary
Games: How to Use Words from a Text. English
Teaching Forum, 2003.
Frazee, B and Rudnitski. (1995). Integrated Teaching
Methods: Theory, Classroom Applications, and FieldBased
Connections. United States: Delmar
Publishers.
Harmer, J. (2001). How to Teach English. London:
Longman.
The World Book Encyclopedia Vol 16 - Q-R.
Chicago, Illinois, U.S.A., World Book Incorporated,
1985
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa.( 1990). Kamus
besar bahasa Indonesia cetakan 3, Jakarta: Balai
Pustaka.
Webster’s third new international dictionary Vol II.
(1981). Chicago,London,
Toronto, Geneva, Sydney, Tokyo, Manila: G 7 C
Merriam Co.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004.
Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka
Cipta
Fasold, Ralph. 1984. The Sociolinguistics of Society.
Oxford: Basil Blackwell.
Fishman, Joshua A. 1972. Sociolinguistics, A Brief
introduction. New York: Newbury House
Holmes, Janet. 2001. An Introduction to
Sociolinguistics. London: Longman.
Meyerhoff, Miriam. 2006. Introducing
Sosiolinguistics. New York: Routledge
Published
2018-02-12
How to Cite
ASTUTIK, supiastutik. PENGARUH “Code Mixing” DAN “Code Switching” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS. JURNAL BASIS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 87-97, feb. 2018. ISSN 2527-8835. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/300>. Date accessed: 05 apr. 2020.
Section
BASIS VOLUME 1 NO 2 OKTOBER 2014

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.