Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

FORMAT PENULISAN NASKAH

 

Judul ditulis dengan hurup besar dengan ukuran 16 dan jumlah maksimal 12 kata. Naskah diketik dengan menggunakan MS Word dikirimkan ke Redaksi melalui e-mail basisupb@gmail.com. Panjang naskah, termasuk daftar pustaka, adalah minimal 10 halaman dan maksimal 30 halaman, dengan spasi 1,5 dan jenis huruf Times New Roman 10 point. Naskah disertai dengan abstrak maksimal 350 kata dan kata kunci (keywords) maksimal tiga kata bukan frasa. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa: bahasa Indonesia jika naskah ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Inggris jika naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, diletakkan setelah judul naskah dan afiliasi penulis. Abstrak dituliskan kedalam 1 kolom kecuali isi sampai referensi adalah 2 kolom.

 

Gaya penulisan kutipan hendaknya mengikuti format APA (American Psychological Association) versi 6 (petunjuk dasar mengenai cara menulis kutipan menurut format APA dapat dipelajari pada tautan berikut ini: https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/02). Untuk kutipan pendek, yaitu kurang dari 40 kata, hendaknya dipadukan dalam kalimat penulis. Kutipan pendek langsung diawali dan diakhiri dengan tanda petik; kutipan pendek tidak langsung tidak perlu menggunakan tanda petik. Untuk kutipan panjang, yaitu lebih dari 40 kata, kutipan diawali di baris baru dengan indent ½ inch dari margin kiri, yaitu dalam tempat yang sama pada paragraf baru. Margin kiri seluruh kutipan mengikuti margin kiri pada awal kutipan. Margin kanan kutipan sama dengan margin kanan paragraf yang lain. Spasi dan ukuran tulisan kutipan tidak berubah. Setiap kutipan harus disertai dengan sumber kutipan berupa nama belakang penulis dan tahun penerbitan, misalnya (Richards, 2002). Untuk kutipan langsung—baik panjang maupun pendek—sumber kutipan juga harus dilengkapi dengan keterangan nomor halaman, misalnya (Richards, 2002: 65). Catatan ditulis pada akhir naskah (endnote), tidak pada bagian bawah halaman (footnote).

 

Setiap sumber kutipan, baik artikel maupun buku tanpa dipilah-pilah jenisnya, diurutkan menurut abjad berdasarkan nama akhir, tanpa diberi nomor urut. Sesuai dengan format APA, daftar sumber kutipan ditulis sebagai berikut:

 

  • Untuk buku: (1) nama akhir, (2) koma, (3) inisial nama pertama, (4) titik, (5) kurung buka, (6) tahun penerbitan, (7) kurung tutup, (8) titik, (9) judul buku cetak miring, (10) titik, (11) kota penerbitan, (12) titik dua (colon), (13) nama penerbit, dan (14) titik, seperti pada contoh berikut:

 

O’Malley, J. Michael. and Lorraine Valdez Pierce. (1996). Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. Virginia: Addison- Wesley Publishing Company.

 

  • Untuk artikel dalam jurnal: (1) nama akhir, (2) koma, (3) inisial nama pertama, (4) titik, (5) kurung buka, (6) tahun penerbitan, (7) kurung tutup, (8) titik, (9) judul artikel, (10) titik, (11) nama jurnal cetak miring, (12) koma, (13) volume cetak miring, (14) nomor issue dalam kurung cetak tegak (kalau ada), (15) koma, (16) halaman, dan (17) titik, seperti pada contoh berikut:

 

Durukan, E. (2011). Effects of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Reading-Writing Skills. Academic Journals: Educational Research and Reviews, 6(1), 102-109.

 

 

Jones, Roymond C. (2008). “The “Way” of Class Participation: A Question Worth asking.” College Teaching Journal, 56(4), 214-265.

 

  • Untuk artikel dalam buku: (1) nama akhir, (2) koma, (3) inisial nama pertama, (4) titik, (5) kurung buka, (6) tahun penerbitan, (7) kurung tutup, (8) titik, (9) berilah kata “Dalam” untuk artikel dalam Bahasa Indonesia atau “In” untuk artikel dalam Bahasa Inggris, (10) inisial nama pertama editor, (11) titik, (12) nama akhir editor disusul (ed.), atau (eds.) jika lebih dari satu, (13) koma, (14) judul buku cetak miring, (15) kurung buka, (16) halaman, (17) kurung tutup, (18) titik, (19) kota penerbitan, (20) titik dua (colon), (21) nama penerbit, dan (22) titik seperti pada contoh berikut:

 

Gordon, Louise. (2008). Writing and good language learners. In Griffiths, Carol (ed.), Lessons From Good Language Learner (pp. 244-254). Cambridge: Cambridge University Press.

 

Gordon, L., & Dryer, M.S. (2008). Writing and good language learners. Dalam

Griffiths, Carol, & R.G. Morrison (eds.), Lessons From Good Language Learner (pp.

244-254). Cambridge: Cambridge University Press.

 

  • Jika ada lebih dari satu artikel oleh pengarang yang sama, nama pengarangnya ditulis ulang, dimulai dengan tahun terbitan yang lebih dahulu, mengikuti contoh ini:

 

Gay, L.R and Peter Airisian. (2000). Educational Research: Competencies for Analysis and Application (6th ed). New Jersey: Prentice Hall.

 

Gay, L.R, Geoffrey E. Mills, and Peter Airisian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Application (9th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.