template

Template :

JUDUL ARTIKEL PADA JURNAL CAHAYA KEADILAN DITULIS KAPITAL MAKSIMAL 20 KATA

(Times New Roman, ukuran 12, KAPITAL, bold)

 

Nama Penulis (tanpa gelar) (Times New Roman, Ukuran 12, Bold)

Afiliasi (ex. Dosen Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah, Email: )

 (Calibri , Ukuran 9)

 

 

 

Abstrak

Ketik abstrak dalam bahasa Indonesia di sini. (Times New Roman, 12). Abstrak terdiri dari 200 - 250 kata, memberikan ringkasan singkat dari isi yang memuat latar belakang, tujuan, kegunaan, metode, pembahasan dan analisis, kesimpulan, dan saran. Jangan menyertakan gambar, tabel, atau referensi pada bagian abstrak. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, abstrak harus diketik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Kata Kunci; penulis, hukum, template artikel (Menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian, mengandung yang diindekskan ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris minimal 3 kata maksimal 5 kata. Pemisahan kata-kata di kata kunci menggunakan  tanda baca “ ; “ .

Abstract

Type abstract in English here. (Times New Roman, 12, italic). Abstract should be 200 - 2500 words, giving a brief summary of the content covering background, objective, method, result, conclusions, and suggestion. Do not include artwork, tables, or references in abstract. Article is written in Indonesian, the abstract should be typed in English and Indonesian.

Keywords; author, law, article template  (Describes the scope of the study and the terms of the underlying implementation research, containing the indexed written in Indonesian and English at least 3 words maximum 5 words). Separation of words in keywords using punctuation " ; "(Times New Roman  ukuran 12pt,  spasi 1). 

 

I. Pendahuluan (font 12pt)

1.1 Latar Belakang

Pendahuluan meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah (kalimat tanya berbentuk narasi) serta tujuan dan manfaat penelitian, rangkuman kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

Template ini dirancang untuk membantu para penulis dalam menyiapkan manuskrip. Ini merupakan format tampilan yang persis diharapkan oleh editor Jurnal Selat. Untuk menggunakan template ini, cukup Save As ke dokumen Anda, kemudian copy dan paste dokumen Anda di sini.

Kutipan (referensi) disisipkan menggunakan aplikasi Mendeley dengan style Modren Human Research Assosiacition 3rd edition (note will blibliography), mendelay disesuaikan dengan metode penyusunan footnote, dan bisa menggunakan footnone.[1] Contoh penulisan referensi dari Undang-Undang[2] dan dari artikel jurnal.[3]

Panjang pendahuluan  maksimal 5 halaman. (Times New Roman 12pt,  spasi 1,5). 

II. Metode Penelitian

Metode berisi macam atau sifat penelitian, sumber data, teknik dan prosedur pengumpulan data, dan analisis data. Kutipan (referensi) disisipkan menggunakan aplikasi Mendeley dengan style Modren Human Research Assosiacition 3rd edition (note will blibliography), mendelay disesuaikan dengan metode penyusunan footnote, dan bisa menggunakan footnone. Contoh penulisan referensi dari artikel di surat kabar[4] dan bahan seminar.

Panjang metode penelitian maksimal 1 halaman. (Times New Roman  ukuran 12pt,  spasi 1,5). 

III. Hasil Penelitian Dan Pembahasan

Pembahasan dan analisis dalam artikel bertujuan untuk menjawab rumusan masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian, menunjukkan bagaimana temuan-temuan itu diperoleh, menerangkan arti hasil penelitian, bagaimana hasil penelitian dapat memecahkan masalah serta kemungkinan pengembangannya. Pembahasan dan analisis harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian.

Pada bagian pembahasan dibuat subbab sesuai pokok permasalahan, sebagai berikut:

  • Rumusannya di letakkan di sini sesuai urutan 

Kutipan (referensi) disisipkan menggunakan aplikasi Mendeley dengan style Modren Human Research Assosiacition 3rd edition (note will blibliography), mendelay disesuaikan dengan metode penyusunan footnote, dan bisa menggunakan footnone.Contoh penulisan referensi dari buku, skripsi/tesis/disertasi, serta website.[5]

Panjang pembahasan dan analisis  maksimal 10 halaman. (Times New Roman 12pt,  spasi 1,5 ).

IV. Simpulan Dan Saran

4.1 Simpulan

Berisi hal yang menyatakan hubungan antar variabel yang diteliti. Dibuat dalam satu paragraf, tidak dalam bentuk poin-poin. Kesimpulan harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian. Simpulan bukan ringkasan dan bukan pula tulisan ulang dari pembahasan. Paragraf pertama ditulis rata kiri, lurus dengan judul bab.

Panjang kesimpulan maksimal 1 halaman. (Arial Narrow Times New Roman12pt,  spasi 1,5).

4.2  Saran

Berisi Saran-saran yang perlu disampaikan terkait Tema Penulisan yang diangkat.

Panjang kesimpulan maksimal 1 halaman. (Times New Roman 12pt,  spasi 1).

 

DAFTAR PUSTAKA

Literatur

Referensi utama adalah artikel jurnal, dan buku (terbitan 5 tahun terakhir), tidak termasuk peraturan perundang-undangan dan sumber lainnya Referensi tambahan berupa Peraturan Perundang-Undangan, dan Sumber Lainnya. Panjang halaman maksimal 2 halaman. Khusus untuk artikel jurnal Minimal 80% dari keseluruhan Referensi.

Panjang kesimpulan maksimal 1 halaman. (Times New Roman 12pt,  spasi 1).

Daftar isi dimunculkan secara otomatis dengan tools Insert Bibliography yang ada dalam plug-in aplikasi mendeley dalam Microsoft Word, seperti berikut.

Aust Anthony, Modern Treaty Law and Practices, United Kingdom: Cambridge University Press, 2000

Online, Ditjen AHU, ‘Perseroan Terbatas’ <https://doi.org/->

Pascal S. Bin Saju, ‘Pangkalan Militer China Di Laut China Selatan Siap Digunakan’, Kompas, 2017

Suparto, ‘Pembentukan Peraturan Daerah Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau: Dinamika Dan Permasalahannya’, Jurnal Selat, 6.2 (2019), 196–212 <https://doi.org/https://doi.org/10.31629/selat.v6i2.1273>

Susilo, Wahyu, ‘Membaca Indeks Pembangunan Manusia Untuk Indonesia’, Kompas, September 2018

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan (Republik Indonesia, 2017), p. 5

 [1] (Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan) hlm. 23.

[2] Pasal 23 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan (Republik Indonesia, 2017), p. 5.

[3] Suparto, ‘Pembentukan Peraturan Daerah Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau: Dinamika Dan Permasalahannya’, Jurnal Selat, 6.2 (2019), 196–212<https://doi.org/https://doi.org/10.31629/selat.v6i2.1273>. hlm. 197

[4] Wahyu Susilo, ‘Membaca Indeks Pembangunan Manusia Untuk Indonesia’, Kompas, September 2018.

[5] Pascal S. Bin Saju, ‘Pangkalan Militer China Di Laut China Selatan Siap Digunakan’, Kompas, 2017.diakses  25 Juli 2019.