Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Format Naskah

Naskah diketik pada kertas A4 29,7 cm X 21 cm, batas atas, bawah, samping kiri dan samping kanan 3 cm, spasi 1.5 pt, font Times New Roman ukuran 12 pt, panjang naskah 15-20 halaman

 Sistematika Penulisan

  1. Sistematika artikel hasil penelitian adalah (1). judul, (2). nama penulis (alamat afiliasi, alamat   email),   (3). abstrak   (disertai   kata   kunci),   (4). pendahuluan,   (5). metode, (6). Hasildan pembahasan, (7). Penutup (simpulan dan saran), dan (8). daftar rujukan.
  2. Sistematika artikel konseptual adalah (1). judul, (2). nama penulis (disertai alamat institusi dan alamat e-mail), (3). abstrak (disertai kata kunci), (4). pendahuluan, (5). bagian inti/pembahasan yang berisi sub-judul-sub-judul (sesuai kebutuhan), (6). penutup, dan (7). daftar rujukan.
  3. Untuk book review (resensi buku) buku yang diresensi telah terbit maksimal 2 (dua) tahun. Panjang tulisan maksimal 10 (sepuluh) halaman kertas ukuran A4, spasi 1.5 pt. Menyerahkan copy cover buku yang diresensi disertai biodata peresensi seperlunya.
  4. Sistematika book review adalah judul artikel (RESENSI BUKU), judul buku yang diresensi, yang diikuti oleh pengarang buku dan data  publikasi  serta  jumlah  halaman,  (3)  isi  ringkas  buku,  (4)  analisis  kritis,  (5) rekomendasi penganalisis, dan (6) daftar pustaka. Butir (3) hingga (5) ditulis mengalir dalam bentuk artikel tanpa subjudul.
  5. Tabel dan gambar harus diberi judul, berspasi tunggal, nomor dan sumber harus jelas. Judul tabel /gambar berada di atas tabel / sumber berada di bawah tabel. Jika terdapat foto atau gambar, sebaiknya dalam format hitam putih.
  6. Daftar rujukan disusun dengan tata cara yang merujuk APA Style edisi ke 6 yang diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: Baran (2009, h. 45).

PENDAHULUAN -berisi latar belakang, konteks penelitian, masalah penelitian,rencana pemecahan masalah,  tujuan penelitian, hasil kajian pustaka (Semua hal yang terkait dengan paparan kajian teori, kajian pustaka, atau definisi-definisi konseptual dipilih yang relevan saja untuk mendukung argumentasi penulis), Hipotesis peneltiian (jika ada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung oleh kajian empiris (penelitian sebelumnya).  Bagian pendahuluan untuk artikel konseptual berisi paparan acuan konteks permasalahan berisi hal-hal menarik (kontroversial, belum tuntas, dan perkembangan baru) dan rumusan singkat hal-hal pokok yang akan dibahas. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.

METODOLOGI PENELITIAN - Metode berisi berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, keterangan informan atau (populasi dan sampel) teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti. Untuk penelitian kualitatif seperti penelitian tindakan kelas, etnografi, fenomenologi, studi kasus, dan lain-lain, perlu ditambahkan kehadiran peneliti, subyek penelitian, informan yang ikut membantu beserta cara-cara menggali data-data penelitian, lokasi dan lama penelitian serta uraian mengenai pengecekan keabsahan hasil penelitian.Pada bagian ini dipaparkan dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.

HASIL DAN PEMBAHASAN - Bagian pembahasan memaparkan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian berdasarkan hasil pengolahan data dengan menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.Bagian inti/pembahasan untuk artikel konseptual berisi paparan telaah/pemikiran penulis yang bersifat analitis, argumentatif, logis, dan kritis. Paparan pembahasan memuat pendirian/sikap penulis atas masalah yang dikupas. Panjang paparan bagian inti/pembahasan 60-80% dari panjang artikel.

PENUTUP – Terdiri dari simpulan dan saran, simpulan Berisikan ringkasan temuan penelitian berdasarkan sintesis hasil penelitian dan hasil pembahasan. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang merupakan esensi dari temuan penelitian. Uraian dibuat dalam bentuk alinea (bukan numerik). Hindari penggunaan istilah teknis statistik dan metodologi penelitian. Saran Saran disusun berdasarkan temuan penelitian yang telah dibahas. Saran dapat mengacu pada tindakan praktis, pengembangan teori baru, dan/atau penelitian lanjutan. Pada Artikel non penelitian (konseptual). Bagian  penutup  berisi  simpulan,  penegasan  pendirian/sikap  penulis,  dan  saran-saran.Penutup disajikan dalam bentuk paragraf. Panjang paparan penutup 10-15% dari panjang artikel.

DAFTAR PUSTAKA- Daftar rujukan berisi semua yang dirujuk dalam teks yang berasal dari sumber yang (a) relevan, (b) 80% maksimal 10 tahun terakhir, dan (c) terutama dari artikel jurnal. Penlisan sumber sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Endnote atau sejenisnya. Daftar rujukan disusun dengan tata cara yang merujuk APA Style edisi ke 6 yang diurutkan secara alfabetis dan kronologis. Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan.

 Buku

Kotler, P and Keller, K. L. (2012). Marketing management. New York: Prentice Hall.

Artikel dari website dengan nama penulis

Simmons, B. (2015, January 9). The tale of two faccos. Accessed from:  http://grantland.com/the-triangle/the-tale-of-two-flaccos/

Artikel dari website tanpa nama penulis

Teen posed as doctor at West Palm Beach hospital: police. (2015, January 16). Diakses dari: http://www.nbcmiami.com/news/local/Teen-Posed-as-Doctor-at-West-Palm-Beach-Hospital-Police-288810831.html

Jurnal cetak

Nevin, A. (1990). The changing of teacher education special education. Teacher Education and Special Education: The Journal of the Teacher Education Division of the Council for Exceptional Children, 13(3-4), 147-148.

Jurnal online

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age” of educational technology research. British Journal of Educational Technology44 (6), 889-915. doi: 10.1111/bjet.12103

Laporan wawancara

Marino, B. (2014, 18 Octobers). Personal Interview.

Ensiklopedia

Kammen, C. & Wilson, A. H. (2012). Monuments. Encyclopedia of local history. (pp. 363-364). Lanham, MD: AltaMira Press.

Surat Kabar Cetak

Rosenberg, G. (1997, March 31). Electronic discovery proves an effective legal weapon. The New York Times, p. D5.

Surat Kabar Online

Rosenberg, G. (1997, March 31). Electronic discovery proves an effective legal weapon. The New York Times. Diakses dari http://www.nytimes.com

Majalah Cetak

Tumulty, K. (2006, April). Should they stay or should they go?. Time, 167(15), 3-40.

Majalah Online

Tumulty, K. (2006, April). Should they stay or should they go? Time167(15). Diakses dari   http://content.time.com/time/magazine/article/0,9171,1179361,00.html