Penerapan Load Balancing pada Router pfSense berbasis FreeBSD

Authors

  • Rahmat Fauzi Universitas Putera Batam
  • Yuliadi Yuliadi Universitas Putera Batam

Keywords:

Load Balancing, pfSense, Jaringan

Abstract

Pada zaman teknologi saat ini, arus informasi bergulir dengan sangat deras. Dimana kecepatan dalam pengiriman data menjadi hal yang sangat penting. Teknologi jaringan sering digunakan dalam melakukan pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya. Dalam lalu-lintas suatu jaringan, Internet Service Provider mempunyai peran yang sangat penting, karena penyedia layanan jasa internet untuk kliennya guna mendapatkan informasi. sebuah ISP mengalami gangguan internal, tentunya klien sama sekali tidak dapat mengakses internet. Untuk itulah dibuat suatu solusi dengan menambahkan ISP yang berbeda. Namun dengan adanya beberapa ISP, bandwidth yang diberikan oleh masing-masing ISP. Sehingga semua bandwidth harus digabungkan menjadi satu agar pembagian bandwidth untuk masing-masing pengguna mendapatkan layanan yang sama. Maka diperlukan suatu teknik yaitu load balancing. load balancing dapat menggabungkan beberapa jalur akses internet yang kemudian bekerja bersama-sama tampak seperti satu internet yang terintegrasi. Pfsense merupakan distro linux turunan free bsd, disesuaikan untuk digunakan sebagai firewall dan router. Pfsense tampilan sederhana dengan web gui administrator memudahkan kita mengoperasikanya. Dengan metode tersebut maka jaringan yang diperoleh oleh user atau penguna akan lebih optimal. Hal ini memungkinkan akses jaringan internet lebih optimal daripada hanya menggunakan satu jaringan saja. Penggabungan bandwidth ini akan memberikan manfaat pada efektivitas bekerja yang selalu terhubung ke jaringan internet.

References

Internetindo, P. T. K. (2015). Perancangan Routing Protocol Di Jaringan, 4(4), 23–28.

Agus Sarifin, Bhekti Ratna Timur Astut (2012). PENERAPAN ROUTER PFSENSE BERBASIS FREE BSD DI WARNET EMAX SRAGEN IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 1(November), 61–66.

Setyawan, R. A. (2014). Analisis Implementasi Load Balancing dengan Metode Source Hash Scheduling pada Protocol, 8(2), 204–208.

Wardoyo, S., Ryadi, T., & Fahrizal, R. (2014). Analisis Performa File Transport Protocol Pada Perbandingan Metode IPv4 Murni, IPv6 Murni Dan Tunneling 6to4 Berbasis Router Mikrotik. Jurnal Nasional Teknik Elektro, 3(2), 106–117.

Published

2019-11-16

How to Cite

Fauzi, R., & Yuliadi, Y. (2019). Penerapan Load Balancing pada Router pfSense berbasis FreeBSD. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 169–174. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1528

Issue

Section

Articles