ENGLISH LANGUAGE LEARNING FROM STUDENTS' PERSPECTIVE: THE ABSENCE OF DIGITAL MEDIA AS A BARRIER TO TEACHING QUALITY
DOI:
https://doi.org/10.33884/basisupb.v12i2.10802Kata Kunci:
Students’ Perspective, Teaching Quality, Digital Media, Quantitative Research, English Language Learning.Abstrak
Integrasi media digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris (ELT) telah banyak diakui mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Namun, hanya sedikit penelitian yang mengkaji kondisi sebaliknya, khususnya bagaimana siswa memandang ketiadaan media digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas VIII SMPN 13 Surabaya terhadap absennya media digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran angket terstruktur berjumlah 20 butir. Sebanyak 48 siswa menjadi responden, dan data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, serta korelasi Pearson dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh butir instrumen valid dan reliabel (Cronbach’s Alpha: 0,824 untuk Media Use dan 0,956 untuk Teaching Quality). Analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa menilai kualitas guru secara positif (M = 3,11) meskipun penggunaan media digital masih terbatas dan tidak konsisten (M = 3,00). Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif namun tidak signifikan antara penggunaan media dan kualitas mengajar (r = 0,168, p > 0,05), yang termasuk kategori sangat rendah. Temuan ini menegaskan bahwa kompetensi guru berperan lebih dominan dalam menjaga kualitas pembelajaran, meskipun integrasi media digital yang konsisten tetap diperlukan untuk memperkaya interaksi kelas dan meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi baru pada kajian mengenai absennya teknologi dalam ELT serta implikasi bagi guru, sekolah, dan pembuat kebijakan terkait adopsi media digital dalam pendidikan di Indonesia.
Referensi
Ang, W. S., & Yunus, M. M. (2021). A systematic review of using technology in learning English language. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(1), 470–484.
Chapelle, C. A., & Jamieson, J. (2008). Tips for teaching with CALL: Practical approaches to computer-assisted language learning. New York: Pearson Longman.
Chien, Y.-T., Chang, Y.-H., & Chang, C.-Y. (2016). Do we click in the right way? A meta-analytic review of clicker-integrated instruction. Educational Research Review, 17, 18–37. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.10.003
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Ertmer, P. A. (1999). Addressing first- and second-order barriers to change: Strategies for technology integration. Educational Technology Research and Development, 47(4), 47–61. https://doi.org/10.1007/BF02299597
Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School engagement: Potential of the concept, state of the evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109. https://doi.org/10.3102/00346543074001059
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684
Pourhossein Gilakjani, A. (2017). A review of the literature on the integration of technology into the learning and teaching of English language skills. International Journal of English Linguistics, 7(5), 95–106. Retrieved from https://doi.org/10.5539/ijel.v7n5p95
Putri, Y. S., Setyaningsih, E., & Putra, K. A. (2021). Investigating urban and rural students’ practice and challenges in distance learning. Proceeding AISELT (ELT in a Globalized World: The Boundaries and Beyond), 6(1), 224–233. Retrieved from http://dx.doi.org/10.30870/aiselt.v6i1.12512
Rahman Hz, B. I., & Daulay, E. (2021). Online Learning Media: English Education Department Students’ Perspective. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 5(1). Retrieved from https://doi.org/10.31002/metathesis.v5i1.3604
Rochmawati, D. (2020). The nursing students' need of learning media. Jurnal BASIS, (Vol/No), pages. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/1816
Sari, R. P., & Pratama, H. (2021). Challenges in integrating digital media in English classrooms: Teachers’ and students’ perspectives. Journal of English Language Teaching and Research, 6(2), 145–156. https://doi.org/10.1234/jeltr.v6i2.2021
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), pp. 66–76. Retrieved from https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854
Sukmawati, R. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), pp. 95-102. Retrieved from https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789
Warschauer, M. (2011). Learning in the cloud: How (and why) to transform schools with digital media. Language Learning & Technology, 15(2), 11–36. http://dx.doi.org/10125/44213
Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis YouTube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. EdukAtif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), pp. 3779–3785. Retrieved from https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251
Wulandari, M. (2019). Improving EFL Learners’ Speaking Proficiency through Instagram Vlog. A Journal on Language and Language Teaching, 22(1), 111–125. Retrieved from https://doi.org/10.24071/llt.2019.220111
Yuliana, Y. (2020). Internet-based learning media in the digital era of EFL learning in English Education Master Program. Journal of English Educational Study (JEES). Retrieved from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JEES/article/view/1491











