Optimasi Produksi Usahatani Kopi Rakyat dengan Pola Polikultur

Authors

  • Emi Maimunah Universitas Lampung
  • Soraya Dilasya Universitas Lampung

Keywords:

Pertanian, Linear Programming, Optimisasi, Polikultur, Produksi, Metode Simpleks

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pertanian polikultur kopi dan pisang telah mencapai tingkat produksi yang optimal dan apakah penggunaan sumber daya pertanian telah optimal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pemrograman linier dengan metode simpleks dengan menggunakan QM untuk Windows V5 untuk analisis. Hasil estimasi menunjukkan bahwa produksi kopi dan pisang dengan menggunakan pola polikultur di Desa Sukajadi Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat tidak mencapai hasil yang optimal. Tingkat produksi kopi yang optimal adalah 2,502 kg dan untuk pisang 8,461 kg. Hasil estimasi menunjukkan bahwa penggunaan sumber daya pertanian tidak optimal dan itu menunjukkan bahwa akan ada peningkatan hasil dalam pertanian dengan menggunakan metode simpleks.

References

Abdi, Farwah Inal, dkk. (2014). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Penggunaan Tenaga Kerja Luar Keluarga pada Usaha Tani Padi Sawah. Medan : Departemen Agribisnis Fakultas Pertanian, USU.

Badan Pusat Statistik. (2016). Lampung Dalam Angka 2016.

Dumairy. (2012). Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada.

Esther, Natalia Dwi Astuti, dkk. (2013). Penerapan Model Linear Gola Programming untuk Optimasi Perencanaan Produksi. Salatiga: Fakultas Sains dan Matematika UKSW.

Herjanto, Eddy. (2008). Manajemen Operasi Edisi 3. Jakarta: Grasindo

Ibnas, Risnawati. (2014). Optimalisasi Kasus Pemrograman Linear dengan Metode Grafik dan Simpleks. Jurnal. Makassar. Fakultas Sains dan Teknologi UINAM.

Published

2019-11-15

How to Cite

Maimunah, E., & Dilasya, S. (2019). Optimasi Produksi Usahatani Kopi Rakyat dengan Pola Polikultur. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 85–90. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1512

Issue

Section

Articles