Strategi Promosi Wisata Kuliner Halal Melalui Pemasaran Digital sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Usaha Kecil Menengah di Kota Batam

Authors

  • Putu Hari Kurniawan Universitas Putera Batam
  • Lismayasari Lismayasari Universitas Putera Batam

Keywords:

Promosi Kuliner Halal, Pemasaran Digital, Kinerja UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan stimulant pada sektor unggulan penyumbang APBN negara dari sektor non migas.Selama ini pariwisata memiliki fungsi luar biasa strategis dari segi ketahanan pangan dan penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat. Hal ini membawa angin segar pada Industri rumah tangga yang merupakan penopang perekonomian negara, bagaimana tidak 65% kontribusi perekonomian di Indonesia disumbangkan dari UMKM yang berbasis industri rumah tangga. Batam merupakan Kawasan ekonomi khusus yang memiliki potensi luar biasa dalam pengembangan pariwisata.Letak yang strategis dekat dengan pusat ekonomi ASEAN yaitu Singapore memberikan keuntungan bagi pengembangan pariwisata saat ini terlebih terkait dengan wisata kuliner. Kuliner dan pariwisata merupakan kultur identitas untuk memperkenalkan potensi suatu wilayah kepada masyarakat luar. Berkaitan dengan studi ini maka peneliti mengkaji eksistensi pemasaran digital sebagai akomodasi UMKM dalam mempromosikan produk kuliner halal melalui media sosial, search engine marketing dan website online. Penelitian ini mengambil sampel pada konsumen yang membeli makanan halal produksi UMKM di Batam sebesar 160 responden dimana dalam aplikasi di lapangan digunakan metode Proporsional sampling. . riset lapangan mengambil lokasi di 7 kecamatan di Batam yaitu Tembesi, Batam Centre Sekupang, Sei Beduk, Nongsa,Sagulung. Penelitian ini menggunakan analisis Structure Equation Model (SEM) agar mudah mengungkapkan masalah yang belum dapat di jawab dalam penelitian sebelumnya.

References

BI, & LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Bank Indonesia Dan LPPI, 5–57.

Geissinger, A., Laurell, C., Sandström, C., Eriksson, K., & Nykvist, R. (2018). Digital entrepreneurship and field conditions for institutional change– Investigating the enabling role of cities. Technological Forecasting and Social Change, (May), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.06.019

Ghozali. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (Vol. 4). https://doi.org/10.1177/0829573514540415

Hair, J. F., & et al. (2010). Multivariate Data Analysis. Vectors. https://doi.org/10.1016/j.ijpharm.2011.02.019

Kurniawan, A., Loekito, L., & Solimun, S. (2016). Power Of Test Path Analysis and Partial Least Square Analysis. CAUCHY; Vol 4, No 3 (2016): CAUCHYDO - 10.18860/ca.v4i3.3593 , 4(3), 112–114.

Marketing, C. 15: D. M. and S. (2013). Chapter 15: Digital Media and Sustainable Marketing. Journal of Chemical Information and Modeling, 53, 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Martínez, R. M., Galván, M. O., & Lafuente, A. M. G. (2014). Public Policies and Tourism Marketing. An Analysis of the Competitiveness on Tourism in Morelia, Mexico and Alcala de Henares, Spain. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 146–152. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.028

Ndiaye, N., Abdul, L., Nagayev, R., & Ng, A. (2018). Borsa _ Istanbul Review Demystifying small and medium enterprises ’ ( SMEs ) performance in emerging and developing economies. Borsa Istanbul Review. https://doi.org/10.1016/j.bir.2018.04.003

Razzaq, S., Hall, C. M., & Prayag, G. (2016). The capacity of New Zealand to accommodate the halal tourism market - Or not. Tourism Management Perspectives, 18, 92–97. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2016.01.008

Storkey, A. J., Simonotto, E., Whalley, H., Lawrie, S., Murray, L., & McGonigle, D. (2007). Learning Structural Equation Models for fMRI. Structure, 19, 1329–1336.

Studi, P., Pariwisata, B., Ilmu, F., & Brawijaya, U. (2017). Analisis Deskripsi Potensi Pariwisata Kota Batam Dalam Rangka Menjaring Wisatawan Mancanegara, 1(2), 97–106.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, 820. https://doi.org/10.1177/004057368303900411

Yousaf, S., & Xiucheng, F. (2018). Halal culinary and tourism marketing strategies on government websites: A preliminary analysis. Tourism Management, 68(November 2017), 423–443. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.04.006

Published

2019-11-15

How to Cite

Kurniawan, P. H., & Lismayasari, L. (2019). Strategi Promosi Wisata Kuliner Halal Melalui Pemasaran Digital sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Usaha Kecil Menengah di Kota Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 163–168. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1527

Issue

Section

Articles