Aplikasi Game Matematika Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android
Keywords:
Game, Matematika, AndroidAbstract
Salah satu teknologi yang kini berkembang sangat pesat adalah teknologi informasi dan komunikasi mobile (handphone). Teknologi mobile saat ini tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi saja, tetapi juga dapat mencari informasi melalui internet, mendownload video, mendengarkan musik, mengirim file melalui email, bermain game. Game menjadi salah satu bukti perkembangan dari era yang modern ini. Banyak yang beranggapan bahwa game sangat tidak baik dan memberi pengaruh negatif terhadap anak. Faktanya tidak semua game itu tidak baik, buktinya game juga bermanfaat sebagai media pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan anak dalam belajar. Game juga dapat memberikan pengarahan, latihan dalam menyelesaikan suatu masalah dan logika, serta melatih syaraf dan keterampilan. Apalagi game tersebut berkaitan dengan pembelajaran sekolah seperti mata pelajaran matematika. Agar dapat menarik minat belajar siswa maka dibuatlah suatu media pembelajaran yang dikemas semenarik mungkin agar dapat menambah minat belajar siswa dalam mata pelajaran matematika yang akan dikemas dalam bentuk aplikasi game berbasis android. Game matematika yang dibuat adalah mencari pasangan gambar yang tersedia di aplikasi yang akan dijawab oleh user dalam waktu 20 menit. Variabel yang digunakan adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Berdasarkan kuesioner yang diberikan 93,4 % siswa merasa sangat puas terhadap aplikasi serta menambah minat dan semangat siswa dalam belajar matematika.
References
Gede, A., Prayoga, A., Bayupati, I. P. A., & W, A. A. K. A. C. (2015). Game Edukasi Mengenal Huruf Katakana dan Hiragana Berbasis Android, 6(3), 150–161. https://doi.org/10.24843/LKJITI.2015.v06.i03.p02
Informatika, T. (2013). Aplikasi Mobile Game Edukasi Matematika Berbasis Android Application Of Education Mobile Games For Math Based On Android, 1(1), 89–97.
Kurniawan, I., Tambunan, T. D., & Sardi, I. L. (2015). Game Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android Menggunakan Construct 2, 1(3), 2088–2094.
Masturi, M. hilmi. (2015). buku pintar android. kalanganyar.
Purnomo, F. A., Maret, U. S., Pratisto, E. H., Maret, U. S., Sahrul, F., Lestari, I. P., & Maret, U. S. (2016). Pembuatan Game Edukasi “ Petualangan Si Gemul ” , 7(2), 619–626.
Saselah, Y. R., Amir, M., & Riskan, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Interactive Multimedia Development Based On Adobe Flash CS6 Profesional On Learning Of Chemical Equilibrium, 2(2).
Vitianingsih, A. V., & Informatika, T. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.