Fuzzy Logic Mamdani Memprediksi Tingkat Kriminalitas

Authors

  • Yusli Yenni Universitas Putera Batam
  • Intan Utnasari Universitas Putera Batam

Keywords:

Fuzzy Mamdani, Pengangguran, Pendidikan, Pendapatan dan Tingkat Kriminalitas

Abstract

Kriminalitas merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum dan dapat merusak kehidupan sosial dalam masyarakat. Kriminalitas merupakan permasalahan yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pemerintah. Namun dilihat dari perkembangan industri yang terjadi dua tahun terakhir banyak industri yang mengalami penutupan sehingga berdampak terhadap para pekerja di kota batam. hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat pendapat dan pendidikan di kota batam. Maka dari hal tersebut penelitian ini akan membahas faktor yang mempengaruhi tingkat kriminalitas dikota batam. Faktor yang akan di analisis dalam penelitian ini di harapkan dapat memprediksi tingkat kriminalitas yang ada dikota batam. Sehingga dapat memberikan gambaran tingkat kriminalitas kepada pemerintah kota batam khususnya bagi piha batam khususnya bagi pihak polrestaa dan dinas pendidikan. Penelitian ini akan membahas faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kriminalitas dikota batam. adapun faktor yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah tingkat pengangguran, tingkat pendapatan dan pendidikan yang ada dikota batam. Data yang diperoleh berdasarkan data polresta barelang dan data BPS kota batam. Untuk pemprosesan dalam memprediksi menggunakan metode Fuzzy logic mamdani sebagai parameter perhitungnya. Perhitungan dengan menggunakan variabel input yaitu pengangguran, pendapatan dan pendidikan. Sedangkan variabel output yaitu tingkat kriminalitasnya. Dimana proses dilakukan dengan empat tahapan dalam metode tersebut dan dimulai dengan menentukan pembentukkan himpunan fuzzy setelah itu fungsi implikasi serta membentukkan aturan-aturan dan tahapan selanjutnya di lakukan penegasan (defuzifikasi). sehingga hasil tersebut dapat memberikan prediksi gambaran tingkat kriminalitas yang ada dikota batam.

References

Florentinus Nugro Hardianto. (2009). Analisis faktor.faktor yang mempengaruhi tingkat kriminalitas. ANALISIS FAKTOR.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KRIMINALITAS DI INDONESIA DARI PENDEKATAN EKONOM, 13(2).

Hardianto, F. N. (2009). Analisis faktor.faktor yang mempengaruhi tingkat kriminalitas. ANALISIS FAKTOR.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KRIMINALITAS DI INDONESIA DARI PENDEKATAN EKONOMI Florentinus, 13(2).

Haryanto, E. V., & Nasari, F. (2015). PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI TINGGINYA PEMAKAIAN LISTRIK ( STUDI KASUS KELURAHAN ABC ), 6–8.

Kusmadewi, S., & Purnomo, H. (2013). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung keputusan (2nd ed.). yogyakarta: Graha Ilmu.

Lumenta, C. Y., Kekenusa, J. S., Hatidja, D., Jalur, A., & Eksogen, V. (2012). PATH ANALYSIS OF FACTORS CAUSE CRIME IN MANADO. ANALISIS JALUR FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KRIMINALITAS DI KOTA MANADO, 12(2).

Yulmaini. (2015). PENGGUNAAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM (FIS) MAMDANI DALAM PEMILIHAN PEMINATAN MAHASISWA UNTUK TUGAS AKHIR Yulmaini, 15(1).

Published

2019-11-16

How to Cite

Yenni, Y. ., & Utnasari, I. . (2019). Fuzzy Logic Mamdani Memprediksi Tingkat Kriminalitas. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 247–252. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1543

Issue

Section

Articles