Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung di Pantai Mirota, Kota Batam

Penulis

  • Anggia Arista Universitas Putera Batam
  • Yan Mahesa Universitas Putera Batam
  • Kiki Roidelindho Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Tingkat Kepuasan; Pantai; Pantai Mirota; Service Quality (servqual).

Abstrak

Kota Batam merupakan suatu kota yang terletak di kepulauan Riau. Kota Batam dikenal dengan kota industri, seiring berjalannya waktu pada saat ini kota Batam dikenal dengan kota wisata dan memiliki beberapa objek wisata salah satunya adalah pantai. Pantai di kota Batam banyak dijadikan tempat berlibur oleh penduduk maupun wisatawan yang berkunjung ke kota Batam. Salah satu pantai yang menjadi incaran para pengunjung adalah pantai Mirota. Pantai Mirota merupakan pantai yang terletak di Desa Sijantung, Kelurahan Galang Barelang, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Untuk menjaga dan mempertahankan jumlah kunjungan wisatawan diperlukan usaha untuk menjaga kualitas layanan sehingga kepuasan wisatawan dapat dijaga dan ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan tingkat kepuasan pengujung berdasarkan lima aspek yaitu tangible, Assurance, empaty, reliability dan responsiveness dengan mengambil sampel sebanyak 130 sampel. Hasil dari penelitian dari 130 responden adalah untuk skor servqual yaitu nilai rata-rata gab tiap dimensi pada pantai mirota adalah tangible (-0,553), assurance (-0,529), empathy yaitu (-0,521), reliability (-0,581) dan responsiveness (-0,585). berdasarkan perhitungan skor servqual hasil perhitungan gab untuk kelima dimensi yaitu selisih antara kenyataan dan harapan > -1 yang berarti baik, sedangkan untuk kualitas (Q) setiap dimensi adalah tangible 0,854, assurance 0,865, empathy yaitu 0,867, reliability 0,852 dan responsiveness 0,847. Berdasarkan perhitungan nilai dari kualitas (Q) untuk kelima dimensi yaitu mendekati nilai 1 yang berarti baik. Berdasarkan penilaian untuk keseluruhan dimensi diperoleh skor ideal sebesar 82,42 atau 65,93 % sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung pantai mirota masuk ke dalam kategori cukup puas.

Referensi

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT Prenhallinda.

Lupiyoadi, Rambat. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.

Rambat Lupiyoadi & A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.

Suartini, N. N., dan M. S. Utama. 2013. "Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Pajak Hiburan, Pajak Hotel Dan Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Gianyar". E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol., No., hlm.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-14

Cara Mengutip

Arista, A., Mahesa, Y., & Roidelindho, K. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung di Pantai Mirota, Kota Batam. Prosiding, 2, 37–42. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1502

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama